Atasi Kecanduan Smartphone dengan Cara Ini

Monday, April 10th 2017. | Lifestyle

Berapa kali dalam satu hari kamu membuka dan mengakses smartphone? Jika kamu melakukan interaksi dengan smartphone hingga lebih dari 3 jam per hari tanpa melakukan aktivitas apapun, bisa jadi kamu sudah kecanduan benda tersebut.

Smartphone memang hadir untuk memudahkan beberapa urusan manusia sekaligus memperlancar komunikasi. Namun, jika benda ini kamu gunakan terus menerus tanpa henti, ada baiknya kamu mengetahui apa yang perlu kamu lakukan untuk mengatasi kecanduan akan benda tersebut.

Kecanduan smartphone sering disebut dengan istilah Nomophobia (No Mobile Phone Phobia). Ini merupakan suatu sindrom dimana seseorang merasakan ketakutan saat ia tidak bisa mengakses ponsel pintar miliknya.

Sumber gambar: huffpost.com

Padahal dengan menggunakan smartphone tanpa henti, kamu bisa saja kehabisan paket internet. Bahkan tanpa disadari, habisnya paket data internet tersebut bisa mengakibatkan terpotongnya pulsa.

Kuota internet bisa habis dengan sendirinya, sekalipun belum melewati batas waktu habis. Hal ini bisa diatasi dengan mengetahui operator telekomunikasi yang menawarkan paket data internet tanpa batas.

Kamu bisa menemukan fasilitas tersebut pada operator telekomunikasi Indosat. Dengan menggunakan layanan dari operator ini, kamu bisa menikmati kuota internet tanpa batas dengan harga terjangkau.

Pulsa Indosat juga bisa dengan mudah kamu temukan di gerai-gerai penjualan resmi, ataupun pada penjualan online. Salah satunya bisa kamu lihat pada situs web jualan online

Pulsa Indosat dan paket data internet yang dijual di situs web tersebut tergolong lebih murah dibandingkan situs penjualan online lainnya. Guna memudahkan pembelian, kamu juga bisa mengunduh aplikasi Traveloka ke smartphone milikmu. Dengan demikian proses transaksi bisa kamu lakukan dari mana saja dan kapan saja.

Namun, meskipun kini kamu bisa membeli berbagai paket data internet ataupun pulsa dengan mudah, bukan berarti kamu tetap perlu mengakses smartphone tanpa henti. Nah, dengan melakukan beberapa hal seperti berikut ini, kamu bisa mengurangi pemakaian smartphone. Bagaimana caranya?

  1. Aktifkan notifikasi seperlunya

Notifikasi yang datang setiap saat adalah salah satu pemicu seseorang mengamati smartphonenya berulangkali. Guna membantu kamu menghindari interaksi berlebihan dengan smartphone, maka aturlah notifikasi seperlunya.

Kamu bisa menyalakan notifikasi pesan singkat atau surel tertentu. Sedangkan untuk media sosial, kamu bisa menonaktifkan notifikasi dan mengeceknya pada saat-saat tertentu saja. Selain itu kamu juga bisa mengaktifkan mode senyap (silent), yang bisa membantu kamu untuk tidak terlalu fokus pada suara smartphone.

  1. Buat alarm pengingat

Cara ini bisa kamu gunakan untuk mengatur waktu saat berinteraksi dengan smartphone. Kamu bisa mengatur waktu tertentu dan memberikan peringatan jika waktu tersebut telah usai. Dengan demikian kamu bisa mengontrol waktu untuk melihat smartphone.

Meskipun kamu telah mengatur waktu, pastikan kamu tidak mengakses smartphone pada 30 menit setelah bangun tidur, atau 30 menit sebelum tidur. Penelitian menyebutkan, interaksi dengan gawai pada saat tersebut bisa meningkatkan tingkat kecanduan pada smartphone.

  1. Gunakan jam pintar
    Jam pintar atau smartwatch sudah semakin banyak dijual di pasaran. Kamu bisa mendapatkannya dengan harga relatif murah hingga mahal sekalipun. Dengan benda ini, kamu bisa mengakses segala aktivitas di smartphone, tanpa perlu berinteraksi langsung dengan layar ponsel milikmu.

Kamu bisa menuliskan pesan atau mengirimkan surel, bahkan melakukan panggilan telepon langsung dari smartwatch. Selain membantu aktivitas harianmu, smartwatch sangat tepat untuk membuat penampilan kamu semakin trendi.

  1. Menjalankan hobi
    Melakukan berbagai aktivitas hobi secara tidak langsung bisa membuat kamu lupa akan canggihnya Kamu bisa melakukan aktivitas outdoor seperti berenang, mendaki gunung, fotografi dan sebagainya. Dengan tingginya tingkat aktivitasmu di luar ruangan, akan membuat kamu kehilangan rasa candu akan smartphone.
  2. Lakukan pertemuan dengan kelompok
    Jika rasa candu sudah semakin menjadi, ada baiknya kamu mulai berinteraksi dengan orang-orang sekitarmu. Sekadar berbicara, atau berdiskusi dengan teman, pasangan, atau orang tua secara tidak langsung bisa menumbuhkan rasa sosialmu. Luangkan waktu untuk berbincang di restoran atau café terdekat bisa membuat kamu melupakan kecanduanmu pada
  3. Tutup akses konten p*rno dan game
    Tidak sedikit orang ketagihan untuk menggunakan smartphone karena mereka memiliki konten-konten ‘berbahaya’ seperti game atau konten p*rn*grafi. Jika ini terjadi pada kamu, maka segeralah tutup akses untuk konten-konten tersebut. Hapuslah konten p*rn*grafi dan game yang menyita waktumu selama ini. Mulailah dengan hari yang baru dan berbahagialah akan pencapaianmu tersebut. Selamat mencoba!
tags: ,