Beberapa Alat Kontrasepsi Yang Paling Banyak Digunakan

Kita sebagai wanita paling bingung jika harus memilih alat kontrasepsi paling aman ketika kita memilih salah satu metode, para wanita harus mempertimbangkan berbagai hal seperti status kesehatan wanita, efek samping, konsekuensi terhadap kehamilan yang diinginkan, kerjasama pasangan dan lain sebagainya. Pastinya setiap metode memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Terkadang kita para wanita khususnya merasa problematis bahkan terpaksa memilih metode yang tidak cocok dengan konsekuensi yang merugikan atau tidak menggunakan kontrasepsi sama sekali. Sebagai bahan referensi, berikut ada beberapa jenis metode kontrasepsi yang bisa anda gunakan, diantaranya:

  1. Pantang berkala

Metode ini dilakukan dengan mengandalkan kalender. Caranya dengan tidak melakukan senggama pada saat wanita sedang dalam masa subur. Namun cara ini kurang dianjurkan karena sebagian wanita kurang terampil dalam menghitung siklus haidnya setiap bulan.

  1. Kondom

Kondom merupakan alat kontrasepsi paling populer dimasyarakat. Kondom ini berupa kantung karet tipis yang terbuat dari karet yang biasa digunakan pada alat kelamin pria. Alat tersebut digunakan pria sebelum melakukan hubungan intim dengan wanita. Penelitian membuktikan bahwa alat ini dapat mencegah tertularnya penyakit HIV yang mematikan.

  1. Pil

Pil merupakan alat kontrasepsi dengan metode di minum. Pil digunakan untuk menghindari kehamilan yang paling efektif dan harus diminum secara teratur. Pil tersebut aman dikonsumsi selama bertahun-tahun. Namun jika anda sudah memiliki anak yang cukup lebih baik anda pertimbangkan kontrasepsi jangka panjang seperti spiral dan sterilisasi.

  1. AKDR (Alat Kontrasepsi Dalam Rahim)

AKDR atau yang lebih di kenal dengan IUD ini merupakan alat kontrasepsi paling efekstif bagi wanita. Karena kita tidak perlu mengingatnya setiap hari seperti minum pil, selain itu juga aman bagi ibu yang sedang menyusui. Namun tidak semua wanita berani menggunakan alat kontrasespsi yang satu ini karena mereka menganggap metodenya lumayan ekstrim. Alat ini dipasang dalam rongga rahim selama jangka waktu tertentu, biasanya lima sampai delapan tahun.

Itulah beberapa alat kontrasepsi yang sering digunakan para wanita. Pilihlah alat kontrasepsi paling aman yang sesuai dengan kondisi kesehatan tubuh anda. jangan terlalu memaksakan jika dirasa sudah tidak cocok, lebih baik konsultasikan dengan bidan atau dokter kandungan anda. Selain itu, bagi anda yang mempunyai istri yang sedang menyusui bisa juga membeli pompa asi manual yang bagus saat ini.

Category: LifestyleTags:
author
No Response

Leave a reply "Beberapa Alat Kontrasepsi Yang Paling Banyak Digunakan"