Cara Mengetahui Tempat Gadai BPKB Mobil yang Terpercaya

Melakukan gadai agar mendapatkan pinjaman dana memang tidak asing lagi di masyarakat. Karena melakukan gadai harta benda berharga merupakan cara termudah untuk mendapatkan dana cepat. Mobil menjadi salah satu benda berharga yang bisa dijadikan jaminan, yaitu dengan menggunakan dokumen BPKB-nya. Meskipun gadai BPKB mobil bisa dilakukan untuk mendapatkan pinjaman dana cepat, namun sebaiknya tidak dilakukan secara sembarangan. Pastikan demi keamanan, Anda memilih tempat gadai BPKB mobil yang tepat. Dimana harus sudah terpercaya, mengingat barang yang Anda gadaikan nilainya tidaklah sedikit.

Gadai BPKB MobilSaat ini banyak sekali tempat yang menawarkan gadai BPKB mobil untuk keperluan mendapatkan pinjaman. Sehingga semakin mempermudah masyarakat yang ingin melakukan gadai ketika terdesak kebutuhan. Namun yang perlu diketahui, tidak semua tempat untuk gadai BPKB mobil itu terpercaya. Hal ini perlu diwaspadai bagi Anda yang berencana melakukan gadai BPKB mobil. Jangan sampai Anda menggadaikan BPKB mobil di tempat yang salah tersebut, karena pastinya selain tidak aman juga bisa menimbulkan banyak kerugian.

Memilih tempat gadai yang terpercaya menjadi salah satu syarat penting yang perlu dilakukan sebelum melakukan gadai BPKB mobil. Agar mendapatkan tempat gadai yang terpercaya, berikut ini ada beberapa cara untuk mengetahuinya, yaitu:

  • Pastikan tempat gadai sudah berlisensi OJK dan anggota APPI.

Sebuah lembaga pembiayaan bisa dikatakan aman dan terpercaya jika sudah memegang lisensi dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan APPI (Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia). Sehingga jika tempat gadai yang Anda tuju sudah mengantongi lisensi dari kedua lembaga tersebut, maka bisa dipastikan memang sudah memenuhi kriteria sebagai lembaga yang terpercaya dan professional. Karena kedua lembaga otoritas keuangan tersebut tidak sembarangan dalam mengeluarkan izinnya.

  • Pengamanan dokumen.

Sebaiknya tidak menyerahkan barang jaminan berupa BPKB mobil Anda kepada orang per orang. Hal ini sebagai bentuk kewaspadaan atau kehati-hatian untuk menghindari hal buruk terjadi. Sehingga misalnya ada orang yang menawarkan diri mengambil BPKB mobil ke rumah karena Anda lupa membawa BPKB mobil saat pengajuan pinjaman, maka sebaiknya berhati-hati. Demi keamanan dokumen, Anda perlu menolaknya.

  • Memiliki banyak cabang.

Salah satu indikator tempat gadai yang terpercaya juga bisa dilihat dari seberapa banyak cabang yang dimiliki. Jika tempat gadai tersebut memiliki banyak cabang dan tersebar di seluruh pelosok kota, maka bisa dijadikan tempat yang tepat untuk gadai BPKB mobil Anda. Karena banyaknya cabang yang dimiliki ini menjadi tanda bahwa lembaga pembiayaan tersebut memiliki kinerja yang bagus.

  • Memiliki reputasi yang bagus.

Reputasi yang bagus dari sebuah lembaga pembiayaan bisa Anda jadikan pedoman dalam memilih tempat gadai yang tepat. Karena ini menandakan jika lembaga pembiayaan tersebut memang professional dan sudah banyak diketahui oleh masyarakat. Menggadaikan BPKB mobil di tempat bereputasi bagus juga bisa memberikan rasa aman tersendiri.

  • Memiliki rekening bukan atas nama pribadi.

Tempat gadai yang memiliki reputasi bagus seharusnya tidak menggunakan rekening atas nama pribadi, melainkan atas nama tempat usaha atau nama perusahaan. Maka dari itu, Anda perlu melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum melakukan gadai demi menghindari terjadinya penipuan.

  • Memiliki pelayanan yang bagus.

Tempat gadai yang terpercaya haruslah yang mampu memberikan pelayanan prima kepada nasabah atau pelanggannya. Anda bisa menggunakan kualitas layanan ini sebagai tolak ukur dalam memilih tempat gadai yang tepat.

Itu tadi beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam memilih tempat gadai BPKB mobil yang terpercaya. Dengan melakukan berbagai tips di atas, diharapkan bisa terhindari dari resiko penipuan dan bisa melakukan gadai dengan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.