Cepat dan Mudah, Inilah 6 Cara Bayar BPJS yang Perlu Anda Ketahui

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau yang sering dikenal dengan sebutan BPJS Kesehatan merupakan salah satu program yang digagas di masa pemerintahan Jokowi. Dimana program ini merupakan bentuk asuransi yang bergerak di bidang layanan kesehatan bagi masyarakat yang ada di seluruh wilayah Indonesia. Pada dasarnya, program asuransi ini adalah bentuk peleburan dari jenis asuransi terdahulu yakni Asuransi Kesehatan atau yang disebut di masyarakat dengan ASKES. Nah, pada masa Jokowi atau tepatnya di tahun 2014 Askes pun diganti namanya menjadi BPJS Kesehatan.

BPJS KesehatanAdapun program BPJS Kesehatan ini memiliki perlindungan hukum yang tertuang pada UU Nomor 24 tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Sosial, dimana bunyinya sendiri adalah setiap warga negara berhak untuk mendapatkan fasilitas dari jaminan kesehatan yang satu ini yakni BPJS Kesehatan.

Nah, karena bersifat asuransi maka, para anggota dari BPJS Kesehatan pastinya harus membayar iuran kesehatan mereka. Seperti apa cara proses bayar BPJS? Berikut ulasan menariknya.

Sebelum melakukan pembayaran BPJS Kesehatan, pastinya terlebih dahulu kita dituntut untuk menjadi anggota daripada BPJS Kesehatan. Adapun cara menjadi peserta BPJS Kesehata pastinya dimulai dari tahapan pendaftaran terlebih dahulu. Pendaftaran BPJS Kesehatan itu sendiri dapat dilakukan dengan dua cara yakni secara konvesional dengan datang langsung ke kantor BPJS dan juga bisa dilakukan dengan cara online.

Syarat melakukan pendaftaran baik itu secara online maupun konvensional hampir sama. Yakni sebagai berikut :

  1. Kartu Keluarga
  2. Kartu Tanda Penduduk
  3. NPWP
  4. Nomor Handphone
  5. Alamat Email
  6. Buku Rekening
  7. Foto

Perbedaan antara mendaftar secara online dan konvensional adalah terdapat pada sistem pengisian datanya. Jika anda mendaftar secara online, pastinya anda mendaftar tanpa bantuan dari petugas BPJS tentang bagaimana mengisi data dalam formulir onlinenya. Namun jika datang langsung ke kantor BPJS nya, anda bisa melakukan pendaftaran dengan dilayani oleh para petugas yang siap membantu anda disana.

Namun, perlu diketahui jika anda mendaftar secara online, maka anda tidak perlu antri. Sementara di kantor BPJS sendiri anda pastinya harus datang pagi untuk bisa lebih cepat dalam mengurus segalanya.

Jika sudah menjadi anggota BPJS Kesehatan, kita pun diwajibkan untuk membayar iuran. Berikut adalah cara bayar BPJS yang perlu anda ketahui :

Datang Langsung ke Kantor BPJS Kesehatan

Jika anda memiliki rumah yang berdekatan dengan kantor BPJS Kesehatan, maka anda cukup datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan dengan membawa nomor anggota. Datang dan langsung masuk ke loket pembayaran untuk bisa langsung membayar iuran bulanannya.

Bank Mitra

Pembayaran juga bisa dilakukan melalui bank yang telah bermitra dengan BPJS Kesehatan. Dalam hal ini ada beberapa bank yang bisa melakukan pembayaran langsung yakni Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, dan juga BCA. Dari info yang valid bahwa Maybank pun juga bisa melakukan pembayaran BPJS Kesehatan. Dimana pembayarannya pun bisa dilakukan dengan teknik Mobile Banking atau Internet Banking.

Indomaret dan Alfamart

Anda bisa juga datang ke Indomaret dan juga alfamart untuk membayarnya. Dimana anda cukup menunjukkan nomor anggota BPJS Anda, dan anda pun bisa membayarnya disana.

Kantor POS

Bayar BPJS Kesehatan juga bisa dilakukan di kantor POS, tanpa ribet anda cukup menunjukkan nomor anggota BPJS Anda.

Toko Online

Jika anda sering melakukan transaksi online, maka anda pun bisa bayar BPJS disana dengan fitur yang mereka miliki. Tentunya juga dengan sistem online yang mudah.

Aplikasi JKN KIS

Anda bisa melakukan autodebet pembayaran BPJS dengan aplikasi JKN KIS. Download aplikasinya di Playstore dan lakukan pendaftaran dan login serta atur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.