Inilah Alat Servis HP yang Wajib Dimiliki oleh para Pemula

Belajar servise HP atau handphone saat ini memang sangatlah mudah. Bagi anda para pemula bisa langsung mengunjungi situs  https://www.digitalizzandotv.net yang khusus membahas servis handphone . Namun, sebelum menuju situs tersebut, ada baiknya untuk anda mengetahui sambil mempersiapkan terlebih dahulu beberapa alat yang wajib anda miliki untuk bisa menjadi seorang yang mampu memperbaiki handphone. Apa sajakah alat yang dimaksud? Berikut alat servis HP yang wajib dimiliki oleh para pemula :

Solder Besi

Pada perangkat elektronik dan juga smartphone atau handphone anda akan menemukan banyak sekali komponen kecil yang untuk menghubungkannya hanya dengan menggunakan alat solder besi. Sebut saja diantaranya adalah kapasitor, resistor, transistor, speaker dioda, speaker, mikrofon, termasuk juga layar diantaranya dan alat-alat lainnya.

Lalu, solder besi seperti apakah yang cocok untuk handphone? Anda cukup membeli solder dengan daya 50 watt. Karena jenis solder ini mampu untuk memperbaiki sebagian besar smartphone yang ada saat ini. Selebihnya pastikan anda membeli solder yang mudah untuk dibawa dan disimpan serta tidak akan membakar tangan penggunanya.

Stand PCB / PCB Holder

Pada saat anda akan melakukan komponen ponsel dengan menggunakan solder, maka pastinya anda akan membutuhkan pegangan ponsel. Nah, dalam hal inilah, anda membutuhkan Stand PCB atau PCB Holder. Kegunaannya sudah pasti adalah untuk menahan atau memegang dengan sangat kuat PCB sehingga ketika proses penyoderan tidak akan terjadi gerakan dan pastinya akan sangat membantu.

Kawat Solder

Ketika semua bahan di atas sudah dipersiapkan, maka anda pun kemudian membutuhkan 1 alat lagi yang tak lain adalah kawat solder. Dimana kegunaannya adalah komponen elektronik, jumper atau IC. Adapun komposisi kawat solder yang dimaksud adalah teridri dari Tin/Timbal dengan perbandingan 60:40 atau 63:37. Akan lebih baik juga bila bisa membeli kawat solder yang bebas timbal. Nah, untuk reparasi handphone, maka yang paling cocok, pilihlah kawan yang berukuran 0,5mm.

Thinner

Jika anda menemukan PCB yang sedikit kotor, maka dipastikan anda pun harus membersihkannya. Nah, pembersih dari PCB itu sendiri adalah thinner. Dimana hal ini umumnya digunakan untuk perbaikan ponsel IPA atau Isopropyl Alkohol. Perlu diperhatikan untuk anda harus membeli Thinner dengan kualitas yang baik, pasalnya apabila kurang berkualitas maka yang terjadi malah sebaliknya, bukan memperbaiki justru akan merusak PCB.

Jumper Wire

Untuk melakukan jumper komponen dari titik satu ke yang lainnya maka anda pun perlu jumper wire. Yakni Laminasi tyipis atau kawat yang umumnya berlapis tembaga. dan untuk diketahui bahwa banyak masalah ponsel dapat ditemukan dengan menggunakan jumper.

Obeng

Alat yang satu ini sudah pasti wajib dimiliki oleh banyak reparasi, yakni obeng. Namun, pastikan anda punya obeng atau pembuka sekrup yang memang khusus untuk ponsel. Jangan membeli yang berukuran besar, karena dipastikan akan tidak terpakai.

Tweezers

Apabila alat yang anda akan pegang berukuran kecil, maka anda pun membutuhkannya untuk memegang. Tweezers ini sudah pasti wajib anda miliki.

Nah, demikian adalah beberapa alat yang wajib untuk dimiliki oleh para pemula yang ingin menjadi seorang sevis hp. Selain barang di atas ada banyak lagi alat yang diperlukan, misalnya saja brush atau sikat kecil, multimeter, hot air blower, battery booster, ultrasonic cleaner, BGA Kit, Magnifying Lamp, DC Power Supply, Liquid Flux, Solder Paste, Desoldering Wire, IRDA or Infrared Workstation, Test JIG Box serta berbagai alat lainnya yang bisa anda beli dikemudian hari.

Apabila anda sudah membeli beragam alat di atas, anda tinggal belajar bagaimana cara menggunakannya dan disarankan untuk belajar ke situs https://www.digitalizzandotv.net . Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.