Inilah Alat Servis Hp yang Wajib Dimiliki oleh para Pemula

Kawat Solder

Memiliki solder besi tentu belum cukup apabila tidak ada kawat soldernya. Dimana berbagai komponen elektrik, IC, Jumper dan lai sebagainya bisa direkatkan dengan kawat solder dan tentunya dengan bantuan solder itu sendiri. Pastikan anda memiliki kawat solder yang punya komponen Tin/Timbal dengan rasio 60:40 atau 63:37  atau bisa juga yang tidak menggunakan timbal.

Jika memilih yang tanpa timbal umumnya perbandingannya antara Tin/Silver/Tembaga adalah 96:5:3 atau 0:0:5 ratio. Diameter kawatnya pun berbeda antara 2.0 mm, 1.5mm, 1.0 mm dan 0.5mm. Nah dalam perbaikan ponsel maka ukuran yang cocok adalah 0.5 mm yang bisa anda pilih.

Thinner

Thinner bisa disebut juga sebagai PCB Cleaner yang pastinya sesuai dengan penyebutannya tersebut berfungsi untuk membersihkan PCB ponsel. Dimana PCB thinner digunakan untuk memperbaiki ponsel IPA atau Isopropyl Alkohol.

Pastikan anda membeli PCB cleaner dengan kualitas yang tinggi. Pasalnya kualitas yang jelek bisa jadi boomerang bagi anda karena akan merusakn papan PCB itu sendiri.

Jumper Wire

Jumper Wire adalah laminasi tipis yang umumnya berbahan kawat berlapis tembaha yang gunanya adalaha untuk melakukan jumper dari satu titik ke titik lain pada jalur ponsel yang anda perbaiki. Dimana banyak masalah ponsel ditemukan para ahli servis dengan menggunakan alat ini.

Obeng

Nah, obeng juga pastinya jangan sampai lupa dipersiapkan. Pasalnya meski tidak banyak pasti ada saja yang harus dilepas dengan menggunakkan obeng terutama sekrup kecil.

Tweezers

Alat ini juga berfungsi sangat penting. Karena pada ponsel berbagai komponen biasanya berukuran kecil. Nah untuk memegang alat tersebut pastinya digunakan tweezers.  Terutama pada saat melakukan patrian atau solderan.

Brush

Pada saat membersihkan PCB pastinya tidak harus dengan lap agar tidak mengotori bagian yang lain. Nah, digunakanlah brush yang diperlukan sesuai ukuran yang anda perlukan.

Multimeter

Untuk melakukan pengecekan pada arus ponsel maka perlu anda persiapkan juga multimeter. Kegunaannya tentu banyak yang sudah tahu.

Demikianlah sejumlah alat yang perlu dipersiapkan oleh para pemula untuk melakukan servis hape. Selain itu bahan yang juga perlu disiapkan adalah Hot Air Blower, Battery Booster dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.