Inilah Manfaat Daun Ketumbaar bagi Kesehatan

Sayuran ada banyak jenisnya, salah satunya adalah daun ketumbar yang dalam bahasa Inggris disebut dengan cilantro. Daunnya sangat mirip dengan seledri dan peterseli namun rasanya sangat kuat dan hampir sama dengan bijinya.

Umumnya digunakan untuk tambahan dan beberapa makanan berkuah sebut saja misalnya tom yum, kare dan berbagai olahan seafood. Tidak hanya enak untuk makanan saja, namun daun ketumbar ternyata punya manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut uraiannya :

Anti Kanker

Sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal BMC Complementary and Alternative Medicine telah melakukan pengujian terhadap batang, akar hingga daun dari ketumbar. Faktanya ditemukan kandungan di dalamnya yang memberikan efek antikanker terhadap sel kanker payudara dan penghambat kerusakan yang penyebab awalnya adalah kanker.

Pereda Inflamasi dan Rasa Sakit

Antioksidan dalam daun ketumbar sangat tinggi serta memberikan efek yang bisa meredakan inflamasi atau peradangan yang ada di dalam tubuh. Bahkan sebuah penelitian menyebutkan ada efek analgesik yang dapat dihasilkan oleh daun ketumbar hingga rasa nyeri dan rasa sakit fisik dapat mereda karenanya.

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Berdasarkan penelitian yang ada pada Journal of Medicinal Food tahun 2015 disebutkan bahwa ekstrak Coriandrum sativum mampu menghindarkan radikal bebas dari kulit dan mencegah kerusakan akibat ulraviolet B (UVB).

Mencegah Infeksi Jamur

Selain mengandung antioksidan yang tinggi, daun ketumbar ternyata juga memiliki sifat anti jamur. Hal iin menyebabkan meningkatknya imunitas tubuh terhadap infeksi yang terjadi akibat jamur sebut saja oral thrush dan kandidiasis vagina dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, jangan remehkan daun ketumbar lagi ya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.