Inilah Sederet Prestasi Joko Anwar yang Wakili Indonesia di Piala Oscar

Perempuan Tanah Jahanam yang digarap oleh Joko Anwar sukses menjadi wakil Indonesia di ajang bergengsi sinema dunia yakni Piala Oscar. Film yang punya judul internasional Impetigore ini dipastikan akan berlaga di Best International Feature Film Academy tahun 2021 nanti.

Joko Anwar Joko Anwar sendiri memang dikenal sebagai salah satu sineas Indonesia yang menjadi langganan festival dan juga kejuaraan film internasional. Awal karier dirinya sudah sukses membuat film Janji Joni di tahun 2005 lalu lolos pada Sydney Film Festival dan juga BUsan Internastional Film Festival.

Kemudian di tahun 2009 ada film berjudul Pintu Terlarang yang sukses masuk dalam Puchon International Fantastic Film Festival. Selanjutnya di tahun 2012 ada film Modus Anomali kemudian A Copy of Mind di tahun 2014 yang masuk festival film internasional lain.

Nama Joko Anwar sendiri semakin naik setelah dirinya menjadi sutradara dalam film Pengabdi Setan di tahun 2017 yang lalu. Banyak kritikus film berujar jika sejak saat itu, era baru film horor di Indonesia telah dimulai. Pengabdi Setan sendiri sukses meraih total 4,2 juta penonton selama ditayangkan di bioskop.

Selain itu, Pengabdi Setan juga sukses meraih penghargaan sebagai film terseram di Popcorn Frights Film Festival 2018 yang diselenggarakan di AS dan juga jadi film terbarik di Overlook Film Festival.

Tak hanya Pengabdi Setan, di tahun 2019 yang lalu, dirinya pun sukses merilis film dengan tema yang sama. Film yang diberi judul Perempuan Tanah Jahanam yang sukses di pasaran.

Film ini pun kembali menghantarkan nama Joko Anwar masuk ke dalam berbagai festival film internasional. Sebut saja misalnya Sundance Film Festival, Film Festival Rotterdam, Goteborg Film Festival dan yang terbaru jadi wakil Indonesia di ajang Piala Oscar.

Tak cukup hanya di film horor, Joko Anwar juga menggarap genre yang memang terasa asing di Indonesia yakni Hero dengan menjadi sutradara Gundala pada tahun 2019 yang menjadi proyek ambisius dari Jagat Sinema Bumi Langit. Film ini pu sukses mendapat sambutan yang sangat baik dari masyarakat Indonesia. Alhasil sejumlah prestasi pun diraih oleh film ini.

Sebut saja berhasil tayang di Toronto International Film Festival di tahun 2019 dan masuk dalam nominasi Best Production Design di Asian Film Awards.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.