Kamu Suka Mancing? Sudah Tahu Bedanya Joran Laut dan Joran Galatama?

sumber : pinterest.com

Memancing memang salah satu hobi yang menyenangkan dan banyak diminati bagi semua kalangan, baik kalangan bawah maupun kalangan atas. Salah satu alat pancing yang sering digunakan adalah joran. Nah, berbicara soal joran kamu harus mengerti perbedaan antara joran laut dan joran galatama. Kira-kira apa saja perbedaannya? Yuk, kita simak ulasan di bawah ini.

  1. surf casting rod
www.bp-guide.id

Joran ini dipakai untuk memancing di tengah laut dan karang – karang di pinggir laut. Joran ini memiliki panjang mencapai 5 meter dan mempunyai kedudukan reel yang kuat serta grip yang besar. Biasanya dengan memakai joran bisa mencapai lemparan umpan hingga ratusan meter, untuk mencapai lemparan umpan yang jauh bisa juga dengan memakai spinning reel. Spinning reel adalah joran yang biasa digunakan untuk casting umpan jauh yang mengorbankan sedikit akurasi lemparan atau mengeluarkan sedikit tenaga. Joran seperti spinning reel pada umumnya sering digunakan di Indonesia contoh, seperti mancing mania. Nah, kamu harus tahu joran khusus mancing di laut itu  juga fast action. Fast action merupakan lengkungan pada ujung joran saja sehingga mempunyai kekuatan dan power yg luar biasa.

  1. Joran galatama
www.pinterest.com

Kompetisi bukan hanya sepak bola saja lho! hobi mancing galatama juga mengadakan kompetisi di Indonesia maupun di negara lain. Nah, bagi kamu yang pemula atau baru terjun mancing galatama dan hanya sekedar hobi mancing rekreasi saja kamu harus lebih hati – hati jika memilih joran, baik penggunaan atau dari kualitasnya. Dalam memilih joran, pilihlah berdasarkan dengan kebutuhan apakah dipakai untuk mengikuti lomba galatama atau hanya mancing rekreasi saja? Apabila kamu akan mengikuti lomba/galatama sebaiknya kamu mencari joran yang lentur, agar saat ikan memakan umpan kamu menjadi lebih cepat action. Bagi kamu yang sekedar memancing untuk rekreasi sebaiknya menggunakan pancing yang lentur sampai bagian tengah joran. Agar ketika melempar umpan kamu  bisa lebih lama lagi menikmati strikenya. Nah, buat kamu yang ingin tahu perbedaan joran laut dengan joran galatama kamu perhatikan ungkapan di bawah ini :

Joran untuk lomba galatama kamu bisa pilih joran tanpa sambungan, Kenapa? Karena joran sambungan mudah bergeser dan bahannya terbuat dari bahan antena atau fiber glass. Kemudian setelah selesai lomba galatama, sebaiknya joran harus perlu dirawat dan dibersihkan memakai air sabun atau ( WD 40 ),

– Joran untuk di laut sebaiknya kamu menggunakan joran yang bahannya terbuat dari karbon atau titanium yang lentur. Pasalnya, bahan tersebut lebih kuat menahan beban di saat fight. Ukuran ikan laut pun cukup besar dibandingkan ikan air tawar. Joran laut biasanya sudah dilengkapi dengan pegangan kuat dan spool untuk menahan joran. Tak lupa juga, joran laut harus menggunakan penggulung/reel yang bagus atau bermerek seperti, DAIWA dan SHIMANO.

Nah, Apakah kamu sudah bisa membedakan antara joran laut dengan joran galatama? Disaat ingin memancing kamu harus tahu lokasi yang cocok dengan joran yang kamu miliki agar tidak salah dan bingung saat membawa joran.

Demikianlah perbedaaan dan keunggulan joran laut dan joran galatama yang harus kamu tahu. Semoga informasi ini bermanfaat untuk para pecinta pancing laut maupun pancing galatama!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.