Orang Bertubuh Pendek Punya Risiko Besar Kena Serangan Jantung, Benarkah?

Tinggi tubuh menjadi hal yang sangat menunjang penampilan setiap orang. Namun, tinggi tubuh juga berhubungan dengan tingkat kesehatan seseorang dan parahnya lagi juga berpengaruh terhadap risiko seseorang mengidap masalah kesehatan tertentu. Sebut saja misalnya, tubuhmu pendek, penelitian pun menemukan fakta bahwa tubuh pendek rentang mengalami masalah pada jantung.

Penelitian yang terbit di New England Journal of Medicine menemukan hasil bahwa orang yang memiliki tubuh pendek rentan mengalami masalah jantung misalnya serangan jantung, jantung koroner dan secara genetik pun mereka punya banyak kelemahan.

University of Leicester dan dipimpin Professor Sir Nilesh Samani juga menemukan fakta dalam penelitiannya bahwa setiap 2,5 inci tinggi tubuh yang berbeda terdapat peningkatan sekitar 13,5 persen pada masalah jantung. Kemudian orang yang tinggi tubuhnya 5 kaki atau 152,4 cm punya risiko 32% lebih tinggi pada masalah jantung dibandingkan mereka yang tubuhnya 5 kaki 6 inci atau sekitar 120 cm.

Akan tetapi, tidak usah terlalu mengkhawatirkan akan masalah fisik ini. Karena gen bukan salah satu hal yang menjadi penyebab masalah jantung. Anda pun harus memperhatikan pola makan dan gaya hidup serta hal lain yang akan berpengaruh terhadap kesehatan anda. Bahkan orang yang bertubuh tinggi juga akan berisiko masalah jantung lebih besar daripada orang pendek yang berolahraga.

Oleh karena itu, anda pun harus memperhatikan hal ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.