Pahami Aturan Ini Sebelum Berbisnis Bersama Sahabat

0 181

Tak sedikit jalinan persahabatan yang rusak akibat kesalahan dalam merintis bisnis. Tetapi bukan berarti membangun bisnis dengan sahabat adalah hal keliru. Kita dan sahabat hanya perlu lebih cermat dan memahami batasan bisnis agar tidak timbul perselisihan di kemudian hari.

Jadi, alangkah lebih baik jika kita memahami aturan ini terlebih dahulu sebelum mulai berbisnis bersama sahabat :

Pastikan Bahwa Kita Sudah Saling Mengenal

Jalinan persahabatan selama bertahun-tahun tentu sudah membuat kita mengenal sahabat kita dengan baik, begitu pun sebaliknya. Hal ini sangat penting sebab karakter tersebut tentu akan mempengaruhi visi, misi, dan pengambilan keputusan. Kalau kita sudah memahami karakter sang sahabat, maka perselisihan pun bisa diminmalkan di kemudian hari.

Harus Jujur untuk Masalah Keuangan

Masalah terberat dalam mengelola bisnis bersama teman adalah urusan keuangan. Kita dan sahabat mesti sama-sama terbuka untuk urusan pengelolaan keuangan. Misalnya, tidak mengandalkan pinjaman modal dengan bunga tinggi tanpa sepengetahuan sahabat.

Urusan keterbatasan modal kini bisa diatasi secara mudah. Salah satunya dengan memanfaatkan konsep fintech lending yang ada di Mekar.id. Karena konsep fintech lending ini sangat bermanfaat bagi kita sebagai peminjam modal maupun bagi investor. Bisnis UMKM bisa berkembang dengan pesat melalui bantuan pinjaman modal berbunga ringan dari Mekar.id.

Saling Berbagi Peran dengan Jelas

Kita dan sahabat pasti memiliki keunggulan yang berbeda satu sama lain. Manfaatkan keunggulan tersebut untuk membagi peran dalam bisnis. Misalnya, ada yang mengelola urusan pekerja, keuangan, persediaan bahan baku dan produk jadi, serta komponen bisnis lainnya. Dengan demikian, kita dan sahabat tak akan merasa kewalahan dengan beban kerja yang besar.

Jangan Ragu Membuat Perjanjian Tertulis

Ternyata membuat perjanjian tertulis adalah solusi tepat untuk menjaga bisnis yang dikelola bersama sahabat. Biasanya perjanjian tersebut bisa berisi kesepakatan tentang tanggung jawab, pembagian keuntungan, dan pengurusan bisnis jika terjadi pecah kongsi. Maka tak akan ada yang merasa dirugikan dengan proses bisnis kalau semua kesepakatan sudah dicantumkan dalam perjanjian tertulis.

 

Banyak sekali kisah kesuksesan bisnis dari orang-orang yang saling bersahabat. Karena pada dasarnya kita adalah mahkluk sosial yang tak bisa hidup sendiri, kita tak perlu ragu untuk memulai bisnis bersama sahabat sedini mungkin.

Category: LifestyleTags:
author
No Response

Leave a reply "Pahami Aturan Ini Sebelum Berbisnis Bersama Sahabat"