Penyebab Naiknya Biaya Sewa Tempat Kost Anda

Wednesday, December 6th 2017. | Lifestyle

Tempat kost merupakan surga bagi sebagian orang, dan merupakan tempat yang mengerikan bagi sebagian lainnya. Beberapa orang sebenarnya bukan takut pada tempat kost itu sendiri, namun kepada tagihan yang kerap dimintakan oleh pemilik tempat kost.

Jika memiliki uang yang mencukupi, tagihan tersebut tentulah tidak menjadi masalah. Namun bagi orang-orang yang “kiriman” ataupun gaji bulanannya sedang tersendat, hal ini tentu akan menjadi masalah yang cukup serius.

Namun ternyata ada hal yang lebih menakutkan daripada tagihan itu sendiri. Apa itu? Ya, informasi kenaikan biaya sewa bulanan. Hal satu ini memang sangat membuat down. Apalagi jika kenaikan biaya sewa bulanan tersebut sangat mendadak, sementara uang yang dimiliki sebenarnya masih kurang untuk biaya sehari-hari.

Bagi yang mengalami hal tersebut, tentu akan dilanda rasa cemas, marah, bingung, dan kesal. Namun tahukah anda apa yang menyebabkan naiknya biaya sewa kost an?

Ada banyak sekali penyebab naiknya biaya sewa, namun penyebab umumnya antara lain adalah:

  1. Adanya kenaikan harga BBM
    Kenaikan harga BBM akan menyebabkan naiknya harga-harga barang lain. Untuk itu, pemilik tempat kost mau tidak maupun terpaksa harus menaikkan biaya sewa bulanan yang harus anda bayar.

    Jika anda tidak mampu membayar biaya sewa, jangan takut. Anda dapat membicarakan hal tersebut kepada pemilik tempat kost. Barangkali pemilik mau memberikan keringanan biaya atau setidaknya penangguhan waktu pembayaran.

  2. Ruangan yang Ada Sebenarnya Ingin Diberikan kepada Orang Lain
    Beberapa tempat kost menerapkan perilaku yang kurang etis. Untuk membuat anda pindah tempat kost secara halus, pemilik tempat kost akan menaikkan biaya sewa kamar. Hal ini biasanya akan dilakukan jika:

    – Ada kerabat pemilik tempat kost yang kebetulan membutuhkan kamar, sementara seluruh kamar sudah penuh
    – Ada penawar kamar kost yang mau membayar lebih mahal jika tersedia kamar.

    Untuk mencegah hal semacam ini menimpa anda, beberapa hal yang seharusnya anda lakukan sebagai antisipasi adalah dengan mencari tempat kost yang memberikan jaminan tidak ada kenaikan harga dalam 1 tahun ke depan.

    Selain itu, cobalah cari tempat kost dengan jaminan uang sewa untuk 1 tahun ke depan. Dengan cara ini, anda tidak akan dipermainkan dengan halus mengusir penghuni kost.

 

tags: ,