Perhatikan 5 Hal Berikut Ketika Konsultasi Dokter Online

Di masa pandemi seperti sekarang ini, mengurangi intensitas berinteraksi dengan orang lain merupakan langkah yang bijak. Karena kita tidak tahu secara pasti apakah orang yang kita temui saat bepergian terjangkit virus corona ataukah tidak. Sehingga untuk menghindari resiko terburuk, sebaiknya meminimalisir aktivitas di luar rumah saja. Lalu bagaimana jika membutuhkan check up atau melakukan konsultasi rutin dengan dokter?. Untuk mengatasi hal ini, maka anda bisa mempertimbangkan untuk melakukan konsultasi dokter online.

dokter onlineDi zaman dengan teknologi internet yang semakin pesat seperti sekarang ini, banyak hal yang dulunya dilakukan secara manual kini bisa dilakukan secara online. Cukup dengan mengandalkan smartphone yang terkoneksi dengan internet saja, berbagai kegiatan sudah bisa dilakukan secara online. Termasuk untuk urusan konsultasi dengan dokter terkait dengan sakit atau kondisi yang Anda derita. Untuk melakukan konsultasi dokter secara online tentu juga tidak boleh sembarangan. Jangan sampai Anda membuang-buang waktu, namun tidak mendapatkan solusi pengobatan untuk kondisi yang Anda alami.

Dalam melakukan konsultasi dokter secara online, sebaiknya perhatikan 5 hal berikut, yaitu:

  • Siapkan catatan riwayat penyakit.

Jika Anda berkonsultasi dengan dokter yang sebelumnya belum pernah menangani Anda, maka sebaiknya persiapkan catatan riwayat penyakit. Ini juga demi efisiensi waktu juga, mengingat untuk berkonsultasi online juga memiliki batasan waktu yang sudah ditentukan.

  • Jelaskan obat apa saja yang sudah dikonsumsi.

Anda juga harus menjelaskan mengenai obat apa saja yang pernah dikonsumsi. Akan lebih baik jika bungkus atau gambar obat Anda simpan baik-baik. Sehingga ketika melakukan konsultasi dokter online bisa sekalian Anda tunjukkan pada dokter agar bisa mendapatkan gambaran. Jika tidak, bisa juga dengan cara mencatat nama obat yang dikonsumsi. Sehingga hal ini juga akan membantu dokter dalam mengambil tindakan dan bisa memberikan pengobatan berdasarkan obat yang telah diminum sebelumnya.

  • Manfaatkan alat pemeriksaan.

Saat ini beberapa alat pemeriksa kesehatan ada yang sudah bisa dimiliki oleh masyarakat secara umum, seperti alat pengukur tekanan darah, pengukur kadar oksigen dalam darah, dll. Jika Anda memiliki alat periksa yang demikian, maka tidak ada salahnya ketika berkonsultasi online memanfaatkannya dengan baik dan memberitahu dokter hasilnya. Sehingga hal ini juga turut membantu dokter agar memperoleh gambaran mengenai kondisi Anda dan bisa melakukan diagnosis dengan tepat.

  • Hindari membuat diagnosis sendiri.

Yang perlu dilakukan oleh pasien ketika berkonsultasi adalah menceritakan mengenai keluhan yang dirasakan, riwayat penyakit, pengobatan yang dilakukan, serta pola hidup. Sehingga saat berkonsultasi online, Anda jangan sampai membuat diagnosis sendiri. Karena dokter yang jauh lebih kompeten untuk menentukan diagnosis sesuai dari apa yang Anda ceritakan tadi. Mendiagnosis diri sendiri justru akan menyulitkan pekerjaan dokter. Selain juga membuat waktu konsultasi kurang efektif dan efisien.

  • Berkata jujur saat konsultasi.

Sebaiknya berkatalah yang jujur saat berkonsultasi online. Jangan ada yang ditutupi, namun jangan juga melebih-lebihkan dari kondisi yang sebenarnya. Karena itu juga bisa merugikan diri Anda sendiri dan menyulitkan dokter juga tentunya.

Nah, itu tadi beberapa hal yang bisa dilakukan ketika konsultasi dokter online. Untuk berkonsultasi kesehatan secara online, ada banyak sekali platform digital kesehatan yang melayani untuk kebutuhan ini. Sebaiknya Anda berkonsultasi online pada platform kesehatan yang sudah terpercaya seperti Aido Health. Berdiri sejak 2019 lalu, Aido Health juga memiliki layanan kesehatan lainnya selain konsultasi dengan dokter spesialis. Aido Health juga melayani kebutuhan kesehatan untuk perawatan pasien di rumah, pengiriman obat-obatan, serta kunjungan rujukan ke rumah sakit atau klinik dengan tujuan agar masyarakat bisa mendapatkan layanan kesehatan yang aman dan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.