Selain Indonesia, Inilah 3 Negara Terbaik Untuk Wisata Candi di Asia Tenggara

Tuesday, December 5th 2017. | Travel

Beberapa abad yang lalu, pengaruh kepercayaan Hindu dan Buddha benar-benar besar di Benua khususnya kawasan Asia Tenggara. Bahkan, kepercayaan ini masih sangat kuat di beberapa negara ASEAN. Itulah sebabnya di negara ASEAN terdapat banyak candi yang diwariskan oleh pengaruh Hindu-Buddha di masa lampau. Indonesia sendiri memiliki banyak situs candi atau kuil peninggalan Hindu-Buddha. Dua Candi yang paling terkenal dan menjadi aset pariwisata Indonesia yang sangat berharga adalah Borobudur (Buddha) di Magelang, Jawa Tengah dan Prambanan (HIndu) di Yogyakarta. Pamor kedua komplek candi ini bahkan sampai menarik perhatian banyak tokoh dunia seperti Presiden Amerika, Barrack Obama hingga pendiri Facebook, Mark Zuckerberg untuk berkunjung ke salah satu atau kedua candi tersebut.

Tapi jika mengingat besarnya pengaruh Agama Hindu dan Buddha di Asia Tenggara, tentu saja bukan Indonesia saja yang masih menyimpan candi-candi menawan. Beberapa negara ASEAN lain pun memilikinya. Kalau kamu penasaran seperti apa candi-candi yang ada di luar Indonesia tadi, yuk booking tiket promo ke negara-negara ASEAN terbaik selain Indonesia untuk wisata candi berikut ini: 

Kamboja

Source : juragancipir.com

Kamboja adalah negara yang berbatasan langsung dengan Thailand, Vietnam, dan Mianmar. dan Laos. Di negara ini, sekitar 90% penduduknya memeluk agama Buddha Theravada. Maka tak heran kalau di negara ini bisa ditemukan tempat-tempat peribadatan agama Buddha. Salah satu warisan agama Buddha paling terkenal yang menarik untuk dikunjungi di Kamboja adalah Angkor Wat, yang ada di kota Angkor, Siem Reap. Pamor candi yang satu ini di mata dunia sering disejajarkan dengan Candi Borobudur dan Prambanan di Indonesia. Itulah sebabnya banyak turis asing dari berbagai negara yang tertarik untuk berkunjung di sana. Komplek candi yang satu ini di bangun pada abad 12 Raja Suryawarman II sebagai bentuk penghormatan dan upaya memuliakan dewa Wishnu. Namanya sendiri diambil dari kata Khmer Kuno, yaitu “Vara Vishnu-Lika’ yang berarti ‘Kawasan Sicu Wishnu’. Jika dilihat dari berbagai sudut, Angkor Wat memiliki beberpa kemiripan dengan candi-candi di Indonesia. Menurut informasi yang beredar, kemiripan ini disebabkan oleh pengaruh kerajaan Jawa kuno di masa Dinasti Sailendra pada abad ke 7 yang memiliki hubungan erat dengan beberapa kawasan di Asia Tenggara. Namun pengaruh Hindu pada candi yang dibangun selama 30 tahun ini tidak bertahan lama. Di Abad 13, Angkor Wat mulai dialihfungsikan menjadi tempat suci umat Buddha Theravada hingga sekarang.

Thailand

Sama seperti Kamboja, mayoritas penduduk di negara berjuluk Negeri Gajah Putih ini memluk agama Buddha dan sebagian berasal dari paham Theravada. Maka tak heran kalau jumlah kuil dan candi Buddha yang ada di negara ini sangat banyak. Bahkan, Thailand pun sering dijuluki Negeri 1000 Candi oleh para wisatawan. Tapi meskipun berjuluk Negeri Seribu Candi, bukan berarti kamu harus mengunjungi seluruh candi yang ada di sana. Hanya dengan mengunjungi beberapa candi di Thailand saja, sudah cukup untuk membuatmu merasa puas. Di antara sekian banyak candi yang ada di Thailand, ada 5 tempat peribadatan umat Buddha yang dianggap banyak traveller sebagai yang terindah di Negeri Gajah Putih. Kelima tempat tersebut antara lain Wat Phra Kaew di pusat Kota Bangkok yang sudah berdiri sejak tahun 1782 saat Raja Buddha Yodfa Chulaloke (Rama I) memnindahkan pusat pemerintahan Thailand dari Thonburi ke Bangkok, Wat Pho yang jaraknya tidak jauh dari kuil Wat Phra Kaer, Wat Arun yang didirikan pada abad ke 17, Wat Traimit yang terlihat indah berkat paduan warna emas dan putih yang mencolik, dan Loha Prasat yang sangat artistik. Para traveller biasanya sangat merekomendasikan kelima tempat ini sebagai destinasi yang patut dikunjungi saat berada di Thailand.

Myanmar

Tak mau kalah dengan Thailand dan Kamboja, Myanmar juga layak untuk disebut sebagai salah satu destinasi wisata candi atau kuil terbaik di Asia Tenggara. Anggapan ini dirasa sangat pas karena banyaknya Kota Tua Bagan di mana sekitar 10.000 candi berdiri megah di sana. Kota ini dulunya dibangun oleh Kerajaan bagan sejak abad ke 9. Mereka yang mayoritas berasal dari suku Burma yang mendominasi Negara Myanmar. Kota tua dengan ribuan candi ini sangat berpengaruh pada abad ke 11 – 13 masehi seiring dengan berjayanya kerajaan Pagan pada saat itu. Sampai saat ini, kota tua ini jadi aset wisata paling berharga yang ada di Myanmar.

Tertarik untuk melihat keindahan candi atau kuil yang berada di ketiga negara tadi? Buruan cari tiket pesawat murah ke luar negeri dari sekarang agar kamu lebih berpeluang untuk booking tiket promo.

Kamu dapat booking tiket promo di reservasi.com. Di situs ini, kamu bisa cari tiket pesawat murah ke luar negeri dengan penawaran harga terbaik.

tags: ,