Sering Dijadikan Bumbu Masakan, Inilah Khasiat Kunyit yang Belum Diketahui Orang

Category : Lifestyle
Sering Dijadikan Bumbu Masakan, Inilah Khasiat Kunyit yang Belum Diketahui Orangby yazidkuon.Sering Dijadikan Bumbu Masakan, Inilah Khasiat Kunyit yang Belum Diketahui OrangBukan menjadi rahasia lagi bila sebagian besar bumbu dapur bisa memberikan dampak bagi kesehatan. Salah satunya adalah rempah kunyit yang bisa memberikan warna pada berbagai makanan seperti nasi kuning, soto ayam, kari, dan sebagainya. Tidak hanya memberikan warna saja, tetapi juga sering kali digunakan sebagai bahan untuk jamu bersama dengan temulawak, dan tanaman herbal atau rempah […]

Bukan menjadi rahasia lagi bila sebagian besar bumbu dapur bisa memberikan dampak bagi kesehatan. Salah satunya adalah rempah kunyit yang bisa memberikan warna pada berbagai makanan seperti nasi kuning, soto ayam, kari, dan sebagainya. Tidak hanya memberikan warna saja, tetapi juga sering kali digunakan sebagai bahan untuk jamu bersama dengan temulawak, dan tanaman herbal atau rempah lainnya. Namun apa sajakah manfaat dari bumbu dapur itu bagi kesehatan?

Sebagai ibu rumah tangga pasti mengenal kunir sebagai bumbu berbagai macam olahan, tetapi tidak banyak yang menyangka jika salah satu tanaman yang masuk dalam obat herbal tersebut mempunyai banyak manfaat, berikut ini beberapa diantaranya:

  • Mendukung penurunan berat badan

Syarat utama dalam proses penurunan berat badan ialah menjaga pola makan dan olahraga yang rutin. Namun tidak ada salahnya menambahkan menu kunir kedalam program diet Anda dikarenakan sangat bisa membantu penurunan berat badan. Menurut jurnal European Review for Medical and Pharmacological Sciences, obat herbal itu bisa membantu menjaga berat badan serta menurunkan kadar lemak dalam tubuh orang yang memiliki yang memiliki berat badan berlebih.

  • Kaya akan Antioksidan

Kandungan curcumin yang tersimpan didalamnya adalah komponen yang bisa membentuk berbagai macam manfaat. Salah satunya dapat menangkal radikal bebas, senyawa curcumin ditemukan juga dapat meningkatkan produksi antioksidan didalam tubuh kita.

  • Berpotensi mencegah dan mengobati Alzheimer

Kandungan curcumin yang tersimpan dalam kunir sangat berpotensi sebagai obat yang alami untuk penyakit Alzheimer, meskipun masih memerlukan studi yang lebih lanjut lagi, akan tetapi telah ditemukan manfaat dalam menghilangkan penumpukan protein amyloid plaque yang menjadi penyebab utama timbulnya penyakit Alzheimer.

  • Memperkecil peluang terkena penyakit didalam otak

Meskipun memiliki ukuran yang kecil, akan tetapi manfaatnya sangat besar bagi tubuh kita, kandungan curcumim dapat membantu mengurangi resiko terkenanya penyakit otak dengan meningkatkan aktivitas hormon tertentu yang dapat berfungsi didalam proses pembentukan sistem jaringan yang baru.

  • Menurunkan resiko terkena penyakit hati

Manfaat lainnya bisa membantu mengurangi peluang terkenanya penyakit hati, dengan meningkatkan fungsi dari dinding pembuluh darah, bahkan kandungannya mampu menjaga kesehatan jantung setara dengan berolahraga, terutama bagi wanita yang sudah menopause.

  • Mencegah penyakit Kanker

Penyakit kanker adalah penyakit yang sangat mematikan dan penyakit yang ingin dihindari oleh masyarakat. Kandungannya telah di temukan dapat membunuh sel-sel kanker, dan dapat mencegah penyebaran kanker ke bagian tubuh, dan pembentukan pembuluh darah pada tumor.

  • Mengandung antiradang

Peradangan didalam tubuh yang berlebih akan memicu timbulnya berbagai penyakit, akan tetapi Anda tidak perlu khawatir karena adanya kandungan cercuminnya ini memiliki kandungan antiradang yang setara dengan sebagian besar obat antiradang yang ada. Manfaat terlihat dalam penurunan radang dengan cara menghalangi molekul NF-kB yang sangat berpengaruh dalam proses peradangan.

  • Menanggulangi radang sendi

Kandungan antiradang yang terdapat pada kunir sangat bermanfaat untuk menanggulangi Arthritis atau yang sering di sebut dengan istilah radang sendi, bahkan dapat lebih efektif daripada obat antiradang Natrium Dikonfenak.

Dibalik banyaknya manfaat yang terdapat didalam kunyit, Anda tetap harus berkonsultasi ke dokter sebelum mengkonsumsinya. Karena jika Anda mengkonsumsi obat pengencer darah ataupun sedang hamil. Konsumsi yang berlebihan juga bisa menimbulkan iritasi pada perut. Inilah mengapa kita perlu mengetahui apa saja manfaat dan resiko pengunaan kunir sebagai obat herbal yang cukup dikenal masyarakat lebih khusus lagi para ibu rumah tangga. Sekian semoga bisa bermanfaat.

Author: 

Related Posts

Leave a Reply