Tips Bikin Ban Motor Awet dan Tahan Lama

Ban motor menjadi alat yang sangat penting bagi sebuah motor. Namun, mobilitas yang tinggi pastinya akan membuat ban cepat aus dan rusak serta sudah tidak layak jalan lagi. Akan tetapi, setidaknya kita bisa menunda atau memperlama umur ban kita dengan beberapa cara yang tepat. Adapun cara yang dimaksud adalah yang akan kami sampaikan pada tips menjaga ban motor agar awet dan tahan lama. Berikut ulasannya :

Menjaga Tekanan Angin

Ban motor pastinya memiliki kapasitas angin yang standar. Jika angin yang terdapat di dalamnya kurang atau tekanan udaranya kurang sudah pasti tekanan pada ban itu akan semakin berat. Tekanan berat tersebut nantinya akan membuat ban cepat aus. Oleh karenanya pastikan setidaknya 1 minggu sekali tekanan udara ban motor anda.

Lubang Angin dan Kerapatan Ban

Meneruskan dari poin pertama, bahwa kondisi lubang angin atau pentil band serta kerapatan ban dengan velg juga harus dilakukan pengecekan. Pada dasarnya kontur jalan yang rusak dapat membuat perubahan bentuk ban dan juga velg. Apabila lubang angin agak terbuka dan kerapatan ban itu tidak terlalu rapat, maka dari celah tersebut meski tidak signifikan akan membuat angin dari dalam ban secara perlahan berkurang atau bisa jadi ban dalamnya keluar.

Penggunaan Motor

Cara mengendarai kendaraan yang ugal-ugalan atau bisa jadi terkadang gas dan kemudian melakukan pengereman secara mendadak secara sering bisa membuat ban itu sendiri cepat botak. Hal ini dikarenakan gesekan antara ban dan permukaan jalan akan semakin menjadi tidak stabil. Permukaan ban pun bisa jadi botak denga  tidak merata.

Terkena Oli atau Sabun

Ban motor sebenarnya semakin lama akan semakin mengeras. Idealnya ban motor itu boleh terkena air hanya ketika hujan. Dan hindari terkena air yang bercampur dengan bahan kimia misalnya oli dan air sabun. Karena hal ini akan membuat permukaan ban menjadi semakin getas dan licin.

Demikianlah langkah-langkah untuk menjaga ban motor agar lebih awet dan bisa dipakai lebih lama. Hal ini juga akan membuat kita lebih aman dan berkendara serta lebih ekonomis. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.