Tips membeli Rumah dijual di Surabaya

Saturday, February 4th 2017. | Lifestyle

Semua orang pasti mengidamkan untuk bisa tinggal di rumah sendiri, memiliki rumah impian dan tinggal bersama orang – orang tercinta di sana. ini memang sebuah impian yang harus selalu diupayakan untuk bisa membuatnya terwujud. Namun untuk bisa mewujudkannya nampaknya saat ini setiap orang harus lebih cermat dalam memilih rumah mana yang akan dijadikan sebagai hunian bagi dirinya dan keluarga, harus ada berbagai pertimbangan dalam membeli sebuah unit rumah. mungkin anda akan mudah menemukan banyak iklan di koran atau media lainnya yang bertuliskan rumah dijual di surabaya atau mungkin bisa juga berupa iklan perumahan baru yang sedang dalam proses pembangunan, menemukan rumah yang sedang dijual memang mudah namun tentunya membeli rumah tidak semudah membeli barang kecil lainnya bukan? Terlebih bagi anda yang tinggal di kota besar seperti surabaya, ada banyak aspek yang harus dipikirkan dengan matang, ada pula berbagai hal yang wajib menjadi pertimbangan dalam memilih rumah seperti berikut ini.

 

  • Budgeting

Mencari rumah dijual di Surabaya yang sesuai dengan keinginan pasti sangat mudah, tapi menyesuaikan rumah yang diinginkan dengan budget yang dimiliki tentu akan menjadi hal yang tidak mudah. Harus diakui jika rumah selalu memiliki nilai jual yang tidak bisa dikatakan murah, terlebih untuk rumah dengan desain yang cantik dan memiliki luas tanah yang terbilang besar. Di sinilah anda dituntut untuk bisa lebih bijak dalam menentukan rumah yang akan anda beli, jangan sampai anda harus menderita hidup di rumah mewah sementara angsuran bulanan atas rumah mewah anda tak sanggup terbayarkan. Alangkah lebih baiknya bila anda terlebih dulu menentukan budget yang dimiliki untuk menyesuaikannya dengan harga pasaran rumah yang ada, dengan seperti ini maka diharapkan pengeluaran yang anda lakukan tidak terlalu membebani hidup anda mendatang.

  • Buat kriteria

Jika anda sudah memiliki angka pasti akan budget yang anda punya, maka langkah berikutnya tinggal membuat kriteria rumah yang anda inginkan. Buatlah beberapa daftar kriteria rumah sesuai selera anda, misalnya seperti lokasi rumah, desain, luas tanah, jumlah ruangan dan masih banyak yang lainnya. dengan adanya kriteria seperti ini maka kedepannya anda akan lebih mudah dalam melakukan penyaringan terhadap calon rumah yang anda miliki. Dengan membuat kriteria sendiri maka pemilihan rumah yang anda inginkan bisa anda persempit terutama jika anda memang ingin membeli rumah dijual di Surabaya.

  • Survey

Setelah anda mengantongi berbagai kriteria rumah impian anda, maka langkah selanjutnya tentu tinggal mencari rumah yang sedang dijual namun tidak semua rumah dijual di Surabaya harus anda datangi tapi hanya rumah yang masuh ke dalam kriteria anda saja yang perlu didatangi. Lakukanlah survey terhadap sebanyak – banyaknya calon rumah anda yang sesuai dengan kebutuhan berdasarkan kriteria yang telah anda buat, jika memang dirasa jauh dari kriteria maka jangan ragu untuk meninggalkannya dan mencari lagi rumah yang lain. Karena apabila anda kurang tegas maka kemungkinan besar maka anda akan mengalami kerugian dan malah tidak bisa mendapatkan rumah impian anda.

  • Cek kelengkapan rumah

Faqktor penting berikutnya sebelum anda membeli rumah dijual di Surabaya adalah cek kelengkapan rumah yang akan anda huni. Yang dimaksud dengan kelengkapan rumah bukanlah sebatas pada fasilitas atau keberadaan fisik rumah saja, tetapi lebih terkait pada surat – surat atau dokumen yang dimiliki oleh rumah tersebut. Pastikan rumah yang akan anda beli tersebut tidak sedang dalam masalah atau sengketa, entah sebagai agunan atau mungkin sertifikat yang kurang lengkap dan sebagainya. Pada tahapan ini anda diharuskan lebih cermat dan teliti dalam menggali segala informasi terkait kelengkapan rumah.

  • Negosiasi dan pembayaran

Jika memang sudah menemukan rumah dijual di Surabaya yang cocok, maka selanjutnya tinggal melakukan negosiasi harga. Dan bila nominal harga rumah sudah disepakati bersama maka langkah terakhir tentu saja adalah pembayaran, anda bisa melakukan pembayaran secara tunai atau pun kredit sesuai dengan bank yang anda tunjuk.

Nah sobat pembaca sekalian, itulah beberapa informasi yang bisa kami berikan mengenai apa apa saja atau langkah langkah yang perlu diperhatikan sebelum membeli rumah dijual di Surabaya beberapa langkah langkah berikut memang terkesan bertele tele namun kita perlu mengetahui bahwa pembelian rumah memang tidak semudah yang kita pertama bayangkan. Ada beberapa hal yantg memang perlu dan wajib kita lakukan jika kita ingin memiliki rumah yang benar benar aman dan berkualitas. Aman disini tentunya adalah aman di mata hukum. Nah, semoga beberapa tips ini bisa membantu anda memahami mengenai penjualan dan pembeli property di wilayah Surabaya sehingga ke depannya anda tidak kesulitan dan kebingungan

tags: ,