Tips Memilih dan Membeli Asam Jawa Berkualitas

Asam jawa adalah salah satu bahan yang umum ditemukan pada beberapa jenis masakan Indonesia. Bumbu ini biasanya memegang peran yang penting dalam sebuah masakan, oleh karenanya harus ada dan tidak bisa diganti dengan yang lain. Biasanya digunakan untuk menghilangkan bau amis dan sebagai perisa asam pada sayuran berkuah.

Mengingat asam jawa itu penting, berikut adalah cara membeli asam jawa yang baik dan berkualitas :

Beli yang Berbiji

Asam jawa biasanya dijual beserta dengan bijinya. Nah, oleh karena itu, belilah yang masih ada bijinya dibandingkan yang sudah dibuang karena rasanya akan lebih kuat dan pastinya lebih awet.

Beli yang Sudah Dikupas

Hindari membeli asam jawa yang masih berkulit karena berisiko besar busuk dan berjamur di dalamnya. Oleh karenanya belilah yang sudah dikupas dan buahnya cokelat segar dan basah atau tidak.

Bungkus Plastik Kedap Udara

Kemasan asam jawa yang hendak dibeli ada baiknya yang kedap udara. Kontak yang terlalu banyak dengan udara dapat jadi penyebab asam jawa berjamur, busuk dan bahkan bisa berulat. Jadi, pastikan bungkusnya masih rapi.

Beliu dalam Porsi Kecil

Penggunaan asam jawa pada dasarnya tidak terlalu sering. Oleh karena itu belilah secukupnya saja. Apabila membeli dalam jumlah banyak dan disimpan hanya akan mengurangi kesegarannya.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.