Tips Menjaga Tubuh Sehat Saat Musim Hujan

Sejumlah kota di Indonesia saat ini tengah mengalami musim hujan. Anda pun sudah bersiap dengan perlengkapan musim hujan seperti payung atau jas hujan. Namun bukan itu yang penting yang harus dipersiapkan. Akan tetapi anda pun harus bersiap dengan tubuh anda menjadi lebih sehat.

Pasalnya anda pun harus sadar bahwa musim hujan rentang terserang penyakit. Dr. Sumiati Yusup, Kepala Klinik Pratama Permata Bunda, Bekasi Timur menyebutkan bahwa terdapat peningkatan pasien teurtama yang mengeluhkan infeksi saluran pernafasan akut atau yang dikenal dengan ISPA selama musim penghujan ini.

“Penyakit langganan lainnya saat musim hujan ialah diare, penyakit kulit, hingga tuberculosis atau TB. Cacar air, kulit gatal-gatal juga menjadi penyakit yang sering terjadi,” ujarnya saat ditemui di Jakarta.

Dr. Sumiati Yusup pun memberikan tips untuk melakukan pola maka yang sehat selama musim hujan ini agar tubuh tetap sehat. Salah satunya adalah dengan tidak terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat pada saat sarapan melainkan diganti dengan buah dan sayuran.

“Jadi makan karbonnya siang saja. Biasanya saya campur salad buah potong. Karena saat makan buah siangnya masih kenyang, jadi karbonya makan sedikit. Untuk malam, tetap makan karbo sedikit dan buah,” tambahnya.

Kemudian untuk menghangatkan suhu tubuh ada baiknya untuk anda mengkonsumsi sup, dan hindari kopi. Kemudian untuk menjaga stamina anda juga bisa mengkonsumsi wedang jahe.

Selanjutnya, konsumsi vitamin. Namun jangan kebanyakan karena bisa jadi akan menjadi masalah untuk ginjal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.