Mandi Anak
Lifestyle

Anak Susah Mandi, Ini 4 Trik yang Bisa Dilakukan Ayah Bunda

Tidak jarang ditemui anak susah untuk disuruh mandi, apalagi ketika mereka mengenal beragam jenis mainan dan banyak teman. Alasan lain juga bisa disebabkan adanya trauma dengan sabun mandi atau sampoo hingga air dingin.

Mandi AnakKondisi ini tak pelak membuat orang tua kemudian mencoba memaksa anak untuk mandi. Namun, ketahuilah bahwa setidaknya ada 4 trik yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk mengatasi anak susah mandi, berikut caranya :

Beri Keyakinan

Jika alasan anak adalah takut matanya terkena shampoo atau sabun. Berikan contoh cara membersihkan rambut agar tidak terkena mata. Seperti anak duduk di kursi sambil menengadahkan kepalanya ke atas sementara ayah atau ibu membilas rambutnya dengan busa shampoo.

Sementara air dingin atau terlalu panas menjadi alasannya untuk susah mandi maka sesuaikan terlebih dahulu air yang dijadikan air mandi anak dengan suhu kulitnya.

Rayu dengan Mainan

Mandi bisa jadi menyenangkan bagi anak jika sang ayah atau ibu menggunakna mainan kesukaannya ikut mandi bersamanya, (pastikan mainan tersebut tidak menggunakan baterai).

Mainan yang digunakan bisa jadi bola-bola, kapal-kapalan, bebek karet atau mainan lain yang menjadi favoritnya.

Ajak Adik atau Kakak

Adik atau kakak jika dia punya bisa jadi hal yang membuat dirinya ingin mandi. Anak-anak pada dasarnya senang bermain. jadi jika mandinya punya teman, maka proses mandi pun akan mudah dilakukan olehnya.

Mandi Bersama

Meluangkan waktu untuk mandi bersama anak juga membuatnya terbiasa untuk mandi. Ciptakan suasana mandi yang menyenangkan sambil membersihkan kulit satu sama lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.