Lifestyle

Cara Mencegah Hepatitis dan Mengenali Penularannya

Penyakit hepatitis misterius menyerang organ hati manusia. Orang-orang yang mengidapnya pun bahkan tidak mengetahui bahwa mereka mengidap penyakit tersebut selama bertahun tahun.

Oleh karena itu, ibu-ibu perlu mengetahui bagaimana penularan penyakit tersebut pada anak. Hepatitis A merupakan penyakit yang umum ditemui pada anak-anak. Dimana penularan virus iin melalui kotoran atau feses yang sebelumnya telah terinfeksi.

Berikut adalah cara mencegah penyakit Hepatitis yang kami kutip dari ayosemarang.com Rabu 4 Mei 2022.

Mencuci tangan lagi-lagi menjadi salah satu cara untuk menghindari penyakit, termasuk hepatitis. Dimana mencuci tangan sebelum makan atau pasca menggunakan toilet menjadi sangat penting dilakukan guna pencegahan.

Selain itu, anda juga perlu waspada terhadap sayuran, buah-buahan dan juga makanan laut yang faktanya bisa membawa virus hepatitis jika sebelumnya dipanen dalam air yang telah terkontaminasi dan kondisi yang kurang bersih.

Perlu diketahui bahwa penyakit Hepatitis A sendiri menyerang tubuh dalam waktu yang relatif singkat dan tidak akan kambuh kembali jika sudah dinyatakan sembuh dari penyakit tersebut. Maka dari itu, penting bagi kita untuk selalu mencuci tangan secara teratur dan bersih.

Selain itu juga cuci buah dan sayur sebelum anda konsumsi dan hindari memakan makanan mentah sebelum sepenuhnya matang. Kemudian pada anak usia 1-2 tahun anda harus memberikan vaksin kepada anak.

Sementara itu, Hepatitis B dan C adalah salah satu penyakit yang serius dan akan terus terjadi dalam jangka waktu yang panjang. Dimana penyakit ini umumnya menyerang remaja dan dewasa muda.

Penularannya bisa terjadi dengan kontak langsung dengan cairan tubuh orang yang terjangkit virus tersebut. Dimana penularannya sendiri lebih mudah dalam bentuk cairan dan jarung jika dibandingkan dengan HIV.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.