Lifestyle

Cara Mudah Cegah Kolesterol Tinggi Saat Lebaran

Idul Fitri atau lebaran sangat identik dengan halal bihalal yang tak pernah lepas dengan berbagai hidangan yang menggugah selera.

Namun sayangnya berbagai hidangan yang khas dengan lebaran yang enak tersebut dapat menjadikan kolesterol kita meningkat secara drastis. Jika kolesterol meningkat maka dikhawatirkan akan mengganggu waktu kita untuk bersilaturahmi.

Perlu diperhatikan pula bahwa kolesterol yang tinggi juga bisa membuat penyakit yang sangat berbahaya yakni serangan jantung dan juga stroke.

Untuk hal ini anda perlu mengetahui berbagai cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah peningkatan kolesterol tersebut saat momen lebaran.

Mengutip dari Dokter spesialis gizi klinis dari RS Siloam Kebon Jeruk yakni dr. Sheena R Angelia menyebutkan jika sejumlah hidangan yang disajikan saat lebaran dapat memicu terjadinya lonjakan kolesterol.

Makanan yang dimaksud antara lain adalah daging berlemak, jeroan dan juga sejumlah makanan lain yang menggandung lemak jenuh yang tinggi. Sebut saja kuet kering, cake, makanan besantan dan juga digoreng.

Hal ini diperparah dengan saat berpuasa kita cenderung berbuka dengan menu yang memiliki nilai nutrisi yang rendah, gula dan lemak yang tinggi serta dibarengi dengan kurangnya aktivitas fisik.

Untuk mencegah terjadinya lonjakan kolesterol tersebut ada baiknya kita mengkonsumsi plant stanol ester dengan rutin.

Plant Stanol Ester ini sendiri adalah fungsional dari bahan makanan suumber terutama nabati.

Sebut saja seperti minyak nabati, gandum, biji bijian, kacang-kacangan, sayuran dan juga buah-buahan. Disebutkan juga bahwa plant Stanol ester ini berasal dari bahan makanan alami.

Jika demikian, tidak akan ada efek kelebihan dosis yang akan timbul karena yang dikonsumsi sendiri bukan obat melainkan asupan makanan yang umum dikonsumsi sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.