CAT
General

Ini Mekanisme Baru Seleksi PPPK 2022 untuk Guru

Alex Denni yang merupakan Deputi SDM Aparatur KemenPAN-RBN menyebutkan jika terjadi perubahan terhadap mekanisme seleksi PPPK tahun 2022, terkhusus untuk guru.

CATDimana Alex menyebutkan bahwa mereka akan lebih mengakomodasi para honorer. Metode yang diambil untuk penerimaan PPPK sendiri akan menggunakan metode observasi dan background check. Dimana rekrutmen PPPK Guru akan dibedakan antara honorer dan pelamar baru.

Guru honorer dengan masa kerja di atas 3 tahun (belum lulus PG, belum ikut /seleksi PPPK 2021 akan diberikan kekhususan. Dimana mereka tidak akan bersaing dengan para pelamar baru yang pengalaman bekerjanya kurang dari 3 tahun atau belum pernah mengajar.

“Prinsipnya proses seleksi antara pelamar baru yang tidak berpengalaman dengan guru honorer termasuk honorer K2 akan dibedakan,” ujarnya, dilansir dari JPNN.com, Kamis (26/5).

Selain itu, masa kerja juga akan menjadi salah satu komponen pengaturan seleksi PPPK. Mekanismenya sendiri akan direncanakan pada tahun ini mulai dari usulan formasi dari PEMDA. yang berdasarkan pada rekomendasi Kemendikbudristek.

Prioritas tetap untuk para guru yang telah lulus PG namun tak punya formasi PPPK 2021. Kemudian juga usulan dari Pemda itu, KemenPAN-RB akan menetapkan kebutuhan formasi.

di tahap ini, KemenPAN-RB akan menetapkan berapapun usulan Pemda asal disetujui oleh Kementerian Keuangan.

“Jika Pemda hanya mengusulkan 10 misalnya, tetapi Kemendikbudristek butuh 100, KemenPAN-RB akan menetapkan formasinya 100 karena anggarannya sudah disiapkan,” terangnya.

Kemudian di tahap seleksi akan dibedakan antara guru honorer yang sudah lama mengabdi dengan para pelamar baru. Alex juga menyebutkan jika pemabahsan dengan Kemendikbudristek, guru honorer lulus PG tahun 2021 tanpa formasi PPPK akan menjadi prioritas.

Lebih lanjut, para guru honorer yang bekerja di atas 3 tahun sebisa mungkin akan ditempatkan di luar wilayah mereka mengabdi.

“Sebaliknya, pelamar baru akan ditempatkan di wilayah yang belum ada guru honorer,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.