Bayi Mandi
Lifestyle

Inilah 4 Cara Menghilangkan Ketombe pada Bayi Baru Lahir

Ketombe atau yang sering disebut dengan cradle cap pada bayi yang baru lahir adalah salah satu hal yang wajar terjadi. Cradle Cap merupakan lapisan tipis yang berbentuk seperti sisik berwarna putih dan mengandung minyak di kulit kepala bayi.

Bayi MandiUntuk diketahui bahwa bayi yang memiliki cradle cap sewaktu bayi akan cenderung mempunyai ketombe juga di waktu dia sudah dewasa

Oleh karenanya, orang tua harus tahu bagaimana cara membersihkan ketombe dari kepala sang bayi sebelum dia berusia 12 bulan. Berikut caranya :

Oleskan Minyak Alami

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mengoleskan minyak alami pada kepala si bayi. Minyak alami yang dimaksud seperti minyak kelapa, almon dan juga alpukat. Usap perlahan hingga 15 menit lalu bilas dengan air hangat bersih. Lakukan secara rutin hingga ketombe hilang.

Gunakan Sisir Lembut

Dalam memilih sisir untuk rambut sang bayi, maka usahakan untuk menghindari sisir yang bertekstur keras dan usahakan selalu menggunakan tekstur yang lembut. Hal ini adalah untuk menghindari kulit kepala bayi terkelupas.

Hindari Menggosok Kulit Kepala

Langkah berikutnya adalah jangan memaksa untuk menghilangkan ketombe dengan cara menggosoknya. Hal ini akan membuat kulit kepala si bayi menjadi iritasi. Untuk diketahui bahwa nantinya cradle cap akan terlepas secara sendirinya walaupun perlahan.

Gunakan Hair Lotion

Terakhir langkahnya adalah dengan menggunakna lotion hair. Fungsinya adalah untuk membuat kulit kepala menjadi lebih lembut dan mengurangi memperparah ketombe.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.