dark cokelat
Lifestyle

Kata Dokter : Redakan Batuk dengan Makan Cokelat

Cokelat pada umumnya bisa menjadi sala satu kambing hitam yang menyebabkan batuk seseorang. Namun, apakah anda tahu bahwa ternyata mengkonsumsi cokelat bisa meredakan penyakit batuk?

dark cokelatBanyak orang dewasa melarang anak-anaknya mengkonsumsi cokelat dengan alasan bisa menimbulkan batuk. Banyak orang tidak mengetahui bahwa fakta sebenarnya adalah cokelat punya manfaat untiuk bisa meredakan masalah batuk.

Elfina Rachmi, Dokter Spesialis Gizi mengungkap fakta bahwa cokelat adalah salah satu makanan yang baik dikonsumsi untuk meredakan batuk untuk anak dan bahkan orang dewasa.

“Daripada mengonsumsi obat batuk, lebih baik mengonsumsi cokelat yang mengandung kakao tinggi,” jelas Elfina Rachmi dalam acara ‘Katagori Makanan dan Minuman Laris Manis Tokopedia’ secara virtual, Kamis (12/5).

Dijelaskan lebih jauh oleh Elfina bahwa tidak semua cokelat dasarnya bisa menjadi pereda batuk. Namun ada beberapa jenis cokelat yang mampu meredakan batuk diantaranya adalah dark chocolate atau cokelat hitam.

Dijelaskannya bahwa cokelat yang banyak dijual di pasaran terlalu banyak memiliki campuran. Nah, campurannya ini yang menjadi penyebab batuk, bukan cokelat itu sendiri.

“Namun, bila cokelat asli atau kakaonya dominan, itu baik untuk di konsumsi terus menerus,” katanya.

Lebih jauh disebutkan bahwa apabila kandungan kakao dalam cokelat semakin banyak, maka semakin bagus pula khasiatnya untuk tubuh.

“Kakao sendiri memiliki sifat penawar rasa sakit yang berguna untuk mengurangi peradangan atau iritasi,” lanjutnya.

Perlu juga diketahui bahwa apabila anda sedang mengalami sakit tenggorokan anda juga disarankan untuk mengkonsumsi obat batuk bersama dengan mengkonsumsi cokelat. Agar peradangan akibat batuk di tenggorokan bisa sembuh dengan lebih efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.