Lifestyle

Lakukan 3 Kegiatan ini Untuk Isi Liburan si Kecil

Ketika sedang musim liburan, orang tua tentu punya banyak waktu untuk bisa membawa anak-anak anda ke tempat rekreasi seperti wahana bermain dan juga tempat wisata yang edukatif.

Dalam hal ini, Ratih Ibrahim yang merupakan seorang psikolog anak memberikan beberapa saran selain pergi piknik, anda sebagai orang tua juga harus tahu bahwa salah satu hal penting untuk mendukung anak dan juga mengoptimalkannya dengan berbagai kegiatan yang produktif.

Dimana salah satu sarannya adalah aktivitas fisik yang dapat memberikan rangsangan untuk memancing respon dan juga melatih tumbuh kembang si anak. Setidaknya ada 3 kegiatan edukatif pilihan yang bisa dilakukan bersama di rumah.

Membuat Boneka atau Figurehead

Jika anak anda suka berkreasi dengan menggunakan kertas lipat, kamu pun bisa mengarahkannya untuk membuat boneka kertas gambaran diri anak dengan menggunakan bahan yang mudah untuk dicari.

Adapun bahan yang kamu perlukan adalah kertas lipat (origami), stik es krim, benang kasur, gunting, lem dan juga kancing serta mani-manik. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih keterampilan motorik halus anak untuk mengembangkan imajinasinya dan juga berkreasi dan menanamkan idenya dengan konkrit.

Selain itu, anak juga bisa belajar memahami diri serta membangun kepercayaan diri dan juga membangun konsep diri yang lebih positif.

Keliling Kota dengan Transportasi Umum

Anda juga bisa mengajak anak anda berkeliling kota dengan menggunakan alat transportasi umum untuk memperkenalkan beragam alat transportasi umum yang ada di kotamu. Selain itu, tempat wisata seperti museum, taman kota dan perpustakaan bisa jadi tujuannya.

Persiapkan berbagai pertanyaan berupa kuiz mengenai hal yang sekiranya bisa ditemui saat di jalan atau tempat tujuan. Dimana si kecil bisa menemukanmu hal-hal yang bisa ditemukannya di jalan.

Permainan Edukatif

Aktifitas ketiga yang bisa dilakukan saat musim liburan adalah bermain mainan yang bersifat edukatif. Seperti Drawing Activity untuk yang suka dengan menggambar. Keyboom Board untuk yang senang dengan musik, Wooden Easel yang bisa jadi kanvas pertama si kecil.

Ada pula Storytelling Card dan I Want to be….’ Puzzle yang bisa menjadi sarana bermain kreativitas anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.