Kangkung
Lifestyle

Makan Kangkung, 3 Penyakit Ganas ini Bisa Hilang

Kangkung atau di masyarakat juga bisa disebut dengan nama bayam air, merupakan tanaman yang biasa tumbuh di daerah rawa-rawa atau perairan. Namun demikian, kangkung adalah nama yang umum ditemukan di berbagai negara yang ada di Asia termasuk salah satunya Indonesia.

KangkungUntuk takaran satu cangkir kangkung, setidaknya ada 56 gram, kamu dapat memenuhi sekitar 70% kebutuhan anda akan vitamin A harian dan juga 51 % untuk kebutuhan vitamin C harian anda.

Meski memang kaya akan nutrisi penting, kangkung juga merupakan sayuran yang punya kalori yang rendah. Hal ini dapat dibuktikan sebelum dimasak, secangkir kangkung mengandung 28 kalori.

Meski rendah kalori, justru nutrisi lain juga terdapat dalam kangkung seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin dan mineral ada dalam kangkung.

Mencegah Kerusakan Hati

Kangkung juga telah dikenal selama berabad-abad mampu melawan kerusakan organ hati. Dan yang terbaru berdasar pada penelitian yang dimuat dalam Jurnal Molecules berhasil memberikan bukti manfaat baru dari kangkung.

Dimana organ hati dapat terlindungi dari kerusakan, luka dan juga peradangan dengan rajin mengkonsumsi kangkung. Dimana para ahli mengemukakan bahwa kangkung dapat memicu produksi enzim yang akan membersihkan (detoksifikasi) hati dari berbagai racun dan zat sisa yang akan memberikan kerusakan pada hati.

Mencegah Diabetes

Di tahun 2013 yang lalu, para peneliti juga mengungkap rahasia khasiat ketika anda rutin mengkonsumsi kangkung yakni dapat mencegah diabetes pada ibu hamil dan juga bayinya. Dimana percobaan akan hal ini dilakukan pada tikus.

Penelitian yang termuat dalam Journal of Diabetes tersebut mencatatkan bahwa sayur kangkung bisa bekerja sebagai antioksidan yang mampu menangkal oksidasi yang menjadi penyebab diabetes pada sel-sel tubuh ibu hamil dan juga janinnya.

Mengatasi Anemia

Kangkung selain bisa menjaga cairan elektrolit, juga punya kandungan mineral yang mampu membantu untuk mengatasi anemia. Ini dikarenakan kandungan zat besi dan fosfor yang ada pada kangkung.

Zat besi adalah nutrisi yang ampuh untuk meningkatkan sel darah merah (hemoglobin). Sel darah merah berfungsi untuk mengangkut oksigen ke seluruh sel dan organ tubuh. Sebut saja misalnya jantung dan otak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.