Teknologi

Mengenal Jenis-jenis VPN Untuk Sebuah Perusahaan di Dunia Digital

Perkembangan teknologi telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia khususnya pada zaman modern seperti saat ini. Bagi Anda para pemula yang baru memulai usaha atau bisnis, mungkin masih asing mendengar istilah VPN. Nah perlu Anda ketahui terlebih dahulu jika VPN merupakan singkatan dari virtual private network. Merupakan layanan yang berfungsi untuk melindungi privasi perusahaan jarak jauh yang aman antar kantor di dalam perusahaan.

Dengan menyembunyikan alamat IP yang digunakan untuk menyamarkan lokasi. Bahkan VPN juga bisa digunakan mengamankan perangkat perusahaan Anda ketika terhubung dengan wifi publik. Namun untuk menemukan VPN terbaik yang aman selama online memang tidak mudah. Hal ini dikarenakan layanan VPN Perusahaan harus sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Nah agar Anda tidak salah dalam memilihnya sebaiknya simak ulasan berikut ini.

Jenis Layanan VPN Perusahaan Yang Tepat

Seperti yang diketahui jika kebanyakan layanan VPN pribadi tidak dapat menampung semua kebutuhan perusahaan. Khususnya berkaitan dengan jaringan yang menyimpan ratusan hingga ribuan data atau private dengan ukuran file yang besar. Sehingga sangat dibutuhkannya layanan VPN perusahaan yang tepat dengan bisnis Anda. Berikut beberapa alternatif layanan VPN yang bisa Anda pilih.

  1. Remote Access VPN

Fungsi VPN jenis ini untuk mengatur akses jarak jauh, dimana setiap pengguna akan memiliki akses ke VPN client. Dengan cara menginstal perangkat lunak VPN client maupun langsung mengakses webnya. Sehingga VPN jenis ini sangat cocok untuk perusahaan yang tidak memiliki banyak karyawan. Selain itu biaya yang dibutuhkan untuk menggunakan VPN jenis ini dapat dikatakan sangat terjangkau.

  1. Cloud VPN

Memiliki fungsi yang dapat memberikan akses VPN kepada seluruh karyawan perusahaan melalui private cloud bisnis. Dengan mengamankan dan melindungi data perusahaan yang sensitif dari berbagai ancaman pihak luar. VPN jenis ini sangat cocok digunakan di perusahaan Anda karena memiliki sistem keamanan yang cukup baik. Khususnya untuk perangkat seluler pribadi dan laptop yang digunakan oleh karyawan perusahaan Anda. Bahkan dengan cloud VPN Anda dapat mengatasi masalah keamanan saat mengakses perangkat karyawan.

  1. Site-to-site VPN

Untuk fungsi VPN jenis ini adalah mengatur keamanan antar LAN di berbagai kantor perusahaan Anda yang terletak di beberapa lokasi. Dengan menggunakan internet dan menghubungkannya kepada LAN kantor cabang ke jaringan utama di kantor pusat. Terdapat dua metode yang biasanya digunakan pada VPN jenis ini, yaitu metode VPN internet dan metode VPN multiprotocol label switching. Kedua metode tersebut dibedakan oleh koneksinya saja, dimana digunakan pada jaringan perusahaan sendiri atau digunakan pada jaringan penyedia layanan VPN.

Itu tadi merupakan beberapa jenis Layanan VPN Perusahaan yang bisa dipilih sesuai dengan bisnis Anda. Dengan menguji kecepatan, keamanan dan fitur beberapa jenis VPN tersebut terlebih dahulu. Agar Anda bisa mendapatkan pengelola sumber daya IT perusahaan yang tepat. Untuk melindungi dan memberikan keamanan berbagai data penting perusahaan Anda, Anda bisa menggunakan layanan hypernet yang dijamin bagus. Semoga ulasan tersebut bermanfaat, terima kasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.