Revenue Streams
Bisnis

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Revenue Stream

Dunia bisnis adalah salah satu dunia pekerjaan yang menjanjikan dan mengntungkan. Jika ingin masuk ke dalam dunia tersebut, sudah pastinya kita diharuskan untuk mengenal berbagai elemen kerja yang ada di dalamnya. Sebut saja diantaranya adalah persoalan mengenai penanaman modal dan alokasi modal, ada pula mengenai sistem operasional kerja, kemudian masalah gaji karyawan, investasi dan pengembangan dan juga Revenue Stream.

Revenue StreamsBeberapa yang telah disebutkan di atas merupakan element dasar dalam dunia kerja bisnis. Dari sejumlah istilah di atas, yang akan kita bahas pada artikel ini lebih mendalam adalah mengenai Revenue stream, jenis dan juga fungsi revenue streams itu sendiri.

Revenue streams sendiri merupakan istilah yang diambil dari Bahasa Inggris yang menurut bahassa artinya aliran pendapatan. Oleh karenanya secara luas bisa jadi diartikan revenue streams adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan dana yang dimiliki oleh perusahaan untuk kemudian dikembangkan dan dikelola.

Aliran dana itu sendiir sudah mencakup mengenai darimana dana tersebut berasal sebut saja mulai dari proses penjualan produksi, investasi, aset yang dijual dan sebagainya. Untuk pengertian lebih simpelnya revenue streams adalah semua kegiatan transaksi berulang untuk mendapatkan dana berkelanjutan.

Jenis Revenue Stream

Transaction Revenues

Melohat dari model bisnisnya, maka ada istilah Transaction Revenus yang merujuk pada kegiatan untuk mendapatkan aliran dana dengan menggunakan model transaksi sekali pembayaran oleh para pelanggannya. PAda jenis ini, transaksi perusahaan akan mendapatkan dana langsung dari para konsumen melalui penjualan jasa, aset dan juga layanan.

Recurring Revenues

Jenis revenue berikutnya adalah Recurring Revenues yang merupakan kebalikan dari Transaction Revenus. Adpaun untuk transaksinya akan melibatkan proses transaksi berulang dan berkelanjutan dan pembayaran pun tidak dilakukan sekali oleh para pelanggan. Sebagai contoh kegiatan adalah penyewaan internet dan jasa PLN.

Fungsi Revenue Streams

Revenue stream sudah pasti punya fungsi yang sangat penting dalam sebuah kegiatan usaha atau bisnis. Apa saja fungsinya? berikut rinciannya :

Mendapatkan Investor

Ketika kita ingin masuk ke dunia bisnis maka konsep pentingnya aliran dana didapatkan oleh sebuah usaha atau perusahaan adalah untuk dapat menggaet investor. Pengelolaan yang baik akan membuat perusahaan menjadi berkembang dan maju. Nah, dari sini nantinya investor akan datang dan tertarik untuk menanamkan modal mereka.

Membuat Bisnis Berjalan Aman

Memahami konsep aliran dana, akan membuat dana menjadi berjalan dengan baik dan benar dan berimplikasi pada bisnis yang berstatus aman dan akan berkelanjutan. Dimana perusahaan pun tidak akan gegabah dalam mengambil sikap kerja. Termasuk diantaranya mengenai penjualan aset, penyewaan aset, lisensi dan berbagai tindakan lainnya untuk menhasilkan aliran dana.

Untuk Strategi Bisnis

Memahami revenue stream akan membuat kita mudah dalam merancang sebuah strategi bisnis yang baik. Hal ini terbukti dengan tujuan besar sebuah aliran dana yakni adalah untuk mendapatkan aliran dana yang berkelanjutan untuk membuat bisnis terus berjalan.

Membuat Fokus pada Apa yang Dilakoninya

Dengan mengetahui aliran dana dalam bisnisnya, maka para pelaku bisnis akan lebih fokus pada apa yang dikerjakannya. Dimana tujuan bisnis sudah pasti dan bulat adalah untuk keuntungan bersama.

Omset dan profit yang Jelas

Sebuah bisnis dapat berjalan dengan lancar apabila bisa menentukan langkah dan sikap untuk mengdapatkan aliran dana yang berkelanjutan. Dan aliran dana yang jelas akan menunjukkan omset sebuah perusahaan dan sudah pasti juga akan diketahui berapa profit pasti yang mereka dapatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.