Bank Sampah
Lifestyle

Mengetahui Manfaat dan Cara Kerja Bank Sampah

Bank sampah adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah lingkungan karena banyaknya sampah yang diproduksi oleh manusia setiap harinya. Meski demikian, memang sangat disayangkan karena faktanya banyak masyarakat yang belum mengetahui cara kerja dan juga manfaat dari bank sampah itu sendiri.

Bank SampahBank sampah sejatiya bukan hanya wadah yang digunakan untuk menampung sampah yang dapat di daur ulang saja, akan tetapi juga bisa memberikan keuntungan bagi para penyetor sampahnya.

Berkaca pada hal di atas, ayo kita sama-sama mengupas mengenai bank sampah itu sendiri. Berikut manfaat dan tata cara pengelolaan bank sampah.

Bank Sampah

Bank sampah adalah wadah yang digunakan sebagai penampungan untuk sampah kering atau juga yang biasa disebut dengan sampah anorganik dengan sistem seperti bank atau perbankan. Dalam hal para penyetor sampah nantinya akan diberikan buku tabungan  yang kemudian bisa menabung sampah di bank sampah tersebut. Nah, sampah yang nantinya disetor akan dikalkulasikan dalam bentuk uang yang sewaktu-waktu bisa ditarik oleh para penyetornya.

Bahkan ada pula bank sampah yang kreatif dengan tidak hanya menyediakan uang saja sebagai bentuk penarikan hasil tabungan sampahnya. Namun juga bisa diganti dengan sembako, beras dan berbagai kebutuhan rumah tangga lainnya.

Langkah-langkah menabung sampah di bank sampah :

  1. anda harus terdaftar di sebagai nasabah di salah satu bank sampah yang ada di lokasi anda berada.
  2. sebelum menyetor sampah, pastikan sampah anda sudah dipilah terlebih dahulu antara sampah organik dan anorganik. Untuk diketahui bahwa bank sampah tidak menerima sampah organik, jadi anda hanya perlu membawa sampah anorganik ke bank sampah dan kemas dengan baik dan rapi.
  3. Jangan lupa untuk membawa buku tabungan bank sampah andan agar setoran anda dapat dicatat dengan baik dan benar.
  4. Di lokasi bank sampah nantinya sampah yang anda bawa akan terlebih dahulu ditimbang oleh pengelola bank sampah dan langsung dikalkulasikan nilai uangnya dan kemudian dicatat di buku tabungan sampah anda.
  5. Langkah berikutnya, sampah yang ada di bank sampah akan didaur ulang menjadi biji plastik atau juga menjadi benda-benda lain yang lebih bermanfaat.

Demikianlah beberapa sistem kerja bank sampah, kemudian apa saja manfaat bank sampah selain anda yang menjadi penyetor bisa menghasilkan uang dari sampah yang ada di rumah anda? berikut manfaat bank sampah :

Penumpukan Sampah Berkurang

Seperti pelajaran yang biasa kita dapatkan di sekolah, sampah yang bisa terurai hanya sampah organik saja, namun jika sampah anorganik perlu waktu yang sangat lama, oleh karenanya jika didiamkan maka akan terjadi penumpukan sampah yang sangat banyak. Oleh karenanya, solusinya adalah ditabung di bank sampah.

Pencemaran Lingkungan Berkurang

Sampah yang menumpuk dan tidak dapat terurai dengan cepat sudah pasti akan berdampak pada lingkungan yang menjadi tercemar. Oleh karenanya, jika anda membawanya ke bank sampah dan kemudian diproses kembali di bank sampah, bukan tidak mungkin lingkungan pun tidak tercemar lagi.

Sosial Ekonomi

Bank sampah ternyata tak hanya berfungsi untuk mencegah pencemaran lingkungan saja, namun juga berdampak pada kehidupan sosial ekonomi mereka. Setidaknya masyarakat tergerak untuk kemudian memilah sampah dan menabungnya di bank sampah, selain itu, manfaat ekonomi juga bisa didapatkan karena penyetor bank sampah akan mendapatkan uang pada akhirnya.

Demikianlah beberapa hal yang perlu diketahui oleh masyarakat mengenai fungsi bank sampah. Jika sudah demikian, mari kita nabung sampah di bank sampah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.