Timnas Indonesia U23
Olahraga

Pembagian Pot Piala Asia 2023, Timnas Indonesia Punya Peluang Masuk Grup Neraka

Tim Nasional Sepak Bola Indonesia sudah memastikan diri akan masuk ke Piala Asia 2023 yang akan dilangsungkan tepatnya pada tanggal 16 Juni hingga 16 Juli 2023 mendatang.

Timnas Indonesia U23Akan tetapi, Timnas yang saat ini diasuh oleh Shin Tae Yong punya peluang yang besar masuk grup Neraka. Sebelumnya, konfiderasi sepak bola Asia atau yang dikenal sebagai AFC telat menetapkan tuan rumah Piala Asia 2023 mendatang adalah China.

Namun, China memilih untuk mundur karena ingin berfokus dalam penanganan masalah Covid-19. AFC pun membuka kesempatan bagi 24 tim yang lolos ke putaran final Piala Asia untuk bisa menjadi tuan rumah.

Sejauh ini, Jepang dan Korea Selatan sudah menyatakan diri siap untuk menjadi tuan rumah ajang tersebut.

Disisi lain, AFC dipastikan nantinya akan membagi 24 tim yang lolos ke dalam enam grup. Dimana masing-masing grup akan terdiri dari 4 tim nasional. Sebelumnya, AFC juga akan membagi dulu 24 tim nasional tersebut ke dalam pot yang berbeda yakni pot 1, 2, 3 dan 4.

Pada posisi terbaru, Indonesia berada di peringkat 155 dunia di ranking FIFA. Dimana hal ini akan meletakkan Indonesia pada pot 4 bersama dengan India, Thailand, Tajikistan, Hongkong dan Malaysia.

Karena hal ini, Indonesia pun punya peluang bertemu dengan negara-negara yang punya timnas dengan sepak bola yang lebih maju seperti Iran, Jepang, Korea Selatan, Australia, Arab Saudi dan Qatar.

Pot 1: Iran, Jepang, Korea Selatan, Australia, Arab Saudi, Qatar

Pot 2 Uni Emirat Arab, Irak, Oman, China, Uzbekistan, Suriah

Pot 3 Bahrain, Yordania, Kirgizstan, Vietnam, Palestina, Lebanon

Pot 4 India, Thailand, Tajikistan, Hong Kong, Malaysia, Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.