General

Perbedaan Antara Kopi Americano, Long Black dan Tubruk

Banyak orang pasti menyebutkan kalau kopi hitam adalah jenis kopi yang pertama kali mereka minum. Dimana memang kopi hitam adalah kopi yang pertama kali hadir dalam kehidupan kita. Dimana minuman ini sudah dikonsumsi oleh orang tua kita sejak mereka masih kecil dan terus diwariskan kepada kita hingga saat ini. Namun, pada dasarnya kopi hitam ini sendiri dikenal dengan nama kopi tubruk di beberapa daerah di Indonesia. Seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi, ternyata pengetahuan tentang kopi hitam itu sendiri pun ternyata tak sesederhana apa yang selama ini ada di benak kita.

Kopi hitam pun kemudian terbagi atas beberapa jenis kopi lain antara lain kopi Americano, long black dan yang paling klasik adalah kopi tubruk. Akan tetapi, apakah memang antara ketiganya sendiri punya perbedaan ? Berikut uraian menariknya :

1. Kopi Americano

Sama dengan namanya, kopi ini berasal dari Amerika, meski memang di beberapa coffe shop yang ada di negara tersebut juga menyediakan menu lain sepetri long black dan lain sebagainya. Meski memang sama-sama jenis kopi hitam, namun pada dasarnya ada perbedaan antara americano dan juga long black. Perbedaannya pun bisa dibilang sangat sederhana yakni bagaimana cara menyajikannya.

Cara menyajikan kopi Americano adalah dengan menuang terlebih dahulu espresso pada cangkir lalu kemudian ditambah dengan air panas. Hasilnya adalah kopi yang disajikan nantinya tak akan meninggalkan kream sama seali pada permukaan cangkir. Dimana hal ini terjadi karena kream yang dituangkan air panas akan memecah kream itu sendiri. Nah, krema inilah yang paling membedakan antara kopi Americano dan juga long black.

2. Long Black

Minuman kopi long black adalah termasuk dalam jenis kopi hitam yang menunya terdiri atas air panas dan juga espresso. Dimana air panas terlebih dahulu dituang pada gelas dan kemudian ditaburkan espresso. Long black sendiri asalnya dari Australia dan juga Selandia Baru. Jika memang ingin menyajikannya otomatis harus sesuai dengan bagaimana negara asalnya menyajikan kopi long black ini. Untuk perbandingan antara rasio air dan kopinya bisa dibilang bebas saja tergantung selera si pembuat. Dimana identiknya kopi long black sendiri adalah pada kream yang berada pada permukaan kopi yang disajikan itu sendiri. Inilah yang jadi perbedaan antara kopi Long Black dengan kopi hitam.

3. Kopi Tubruk

Jika membahas tentang kopi hitam, tentu tak ada afdol jika tidak membahas kopi tubruk bukan? Hal apa yang membedakan antara kopi tubruk dengan dua kopi yang telah dibahas sebelumnya di atas selain memang tentang cara menyajikannya? Untuk diketahui bahwa kopi tubruk adalah kopi yang dinikmati sekaligus dengan ampasnya. Hal ini yang menyebabkan kopi tubruk umumnya disiapkan dengan kopi bubuk yang sebelumnya sudah bisa digiling halus atau medium sesuai selera si pembuat. Dimana setelah kopi dimasukkan lalu disiram dengan air panas. Beberapa orang sering mengaduk lalu mendiamkan sebentar agar ampas kopi itu sendiri jatuh ke dasar cangkir. Menyeruput kopi tubruk sendiri lebih enak dengan ditemani pisang goreng hangat.

Demikian perbedaan antara kopi Americano, Long Black dan juga Tubruk. Sudah paham kan? Semoga menjadi pengetahuan tambahan bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.