Olahraga

Piala Thomas 2022 : Alasan Pelatih Pasangkan Kevin Sanjaya dengan Bagas Maulana

Pelatih ganda putra Indonesia yakni Herry Imam Pierngadi meyebutkan alasan diriya memasangkan Kevin Sanjaya dnegan Bagas Maulana. Dimana keduanya tadi malam untuk pertama kalinya berduet di gelaran Piala Thomas 2022 pada game ke empat menghadapi tuan rumah Thailand.

Laga yang mempertemukan Indonesia vs Thailand ini dilangsungkan di Lapangan 1 Impact Arena, Bangkok, Thailand, Senin 9 Mei 2022.

Indonesia melakukan dua buah perubahan di nomor ganda putra. Dimana ketika menghadapi Singapura, Indonesia menurunkan Fajar Alfian/Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana.

Kedua pasang ganda putra tersebut sukses memberikan poin untuk Indonesia. Namun, pada saat menghadapi Thailand keduanya pun diistirahatkan dan diganti oleh Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan Bagas Maulana yang akan berpasangan dengan Kevin Sanjaya.

Kevin sendiri memang tidak bersama pasangan aslinya yakni Marcus Fernaldi Gideon yang menjalani pemulihan setelah melakukan operasi pergelangan kaki. Herry IP yang menjadi pelatih pun memberikan alasan memasangkan Kevin dengan Bagas.

“Kevin/Bagas juga sering latihan bareng. Kevin bermain depan sebagai playmaker perlu didukung pemain bertipe killer atau tukang gebuk dari garis belakang dan itu dimiliki Bagas,” kata Herry, dalam rilis yang diterima Kompas.com dari PBSI. 

Ditambahkan pula oleh Herry bahwa dirinya sudah melakukan simulasi untuk menyusun komposisi dan juga formasil mengenai siapa yang akan diduetkan.

“Dengan mengacak, kekuatan kita jadi tidak mudah dibaca lawan. Selain itu, kita juga bisa memiliki komposisi dan formasi pasangan yang banyak,” tutur Herry.

“Ini juga agar lawan makin bingung setiap bertemu kita,” ujar pelatih yang dijuluki coach Naga Api ini. 

Herry menyebutkan jika pengacakan susunan pemain ini sendiri merupakan strateginya untuk menghadapi Thailand. Selain itu juga memberikan kesempatan kepada seluruh pemain agar bisa beradaptasi dengan kondisi lapangan Impact Arena yang memiliki angin.

“Saat latihan dan tanding di Impact Arena, kondisi embusan anginnya berbeda. Kemarin saat latihan, penyejuk ruangan belum diaktifkan penuh. Jadi pemain perlu dan harus bisa beradaptasi dengan embusan angin saat bertanding. Makanya, semua pemain perlu turun bertanding,” ujar Herry. 

“Karena itu, tujuh pemain yang saya bawa harus saya mainkan semuanya. Agar mereka bisa cepat beradaptasi dan merasakan bagaimana atmosfer arena pertandingan dengan baik,” tutur Herry. 

Susunan pemain Indonesia vs Thailand di Piala Thomas 2022:

MS1: Anthony Sinisuka Ginting vs Kunlavut Vitidsarn (Kalah)

MD1: Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs Chaloempon  Charoenkitamorn/Nanthakarn Yordphaisong (Menang)

MS2: Jonatan Christie vs Kantaphon Wangcharoen (Menang)

MD2: Bagas Maulana/Kevin Sanjaya Sukamuljo vs Peeratchai Sukphun/Pakkapon Teeraratsakul  (Menang)

MS3: Shesar Hiren Rhustavito vs Sitthikom Thammasin (Menang)

hasil akhir Indonesia 4 vs 1 Thailand.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.