Egy dan wisla krakow
Olahraga

Profil Wisla Krakow, Klub Polandia yang Dekati Egy Maulana Vikri

Belakangan nama Wisla Krakow, klub asal Polandia dikabarkan tengah melakukan pendekatan kepada pemain Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri. Seperti diketahui, bahwa Egy Maulana Vikri saat ini berstatus tanpa klub pasca lepas dari FK Senica.

Egy dan wisla krakowBintang muda Indonesia, Egy memang santer diberitakan akan kembali merumput ke Polandia setelah klub sebelumnya mengalami krisis keuangan, FK Senica.

Rumor ketertarikan Wisla Krakow kepada Egy Maulana Vikri sendiri diungkap oleh seorang warganet dengan akun bernama @SlavkoSlawek yang menyebut jika Egy mendekat ke Wisla Krakow.

Lalu, seperti apakah klub Wisla Krakow sendiri? Berikut profil dan fakta klub tersebut :

Wisla Krakow adalah salah satu klub asal Polandia yang tertua dimana berdirinya adalah sejak tahun 1906 atau sekitar 116 tahun yang lalu di kota bernama Krakow yang merupakan klub yang didirikan oleh kumpulan murid yang sebelumnya telah terinspirasi oleh gurunya.

Sejak kehadirannya di kompetisi negara Polandia Wisla Krakow juga telah menancapkan diri sebagai salah satu pesaing tahta juara Liga Polandia. Salah satu pesaing berat klub ini adalah FC Kattowitz.

Dimana persaingan antara kedua klu snediir sarat akan nuansa politis mengingat FC Kattowitz sendiri didukung oleh minoritas Jerman sementara Wisla Krakow adalah identitas bagi orang Polandia.

Di perjalanan kompetisinya Wisla Krakow juga mengalami pasang surut termasuk untuk urusan nama, dimana Wisla Krakow pernah berganti nama menjadi TS Wisla dan GTS Wisla.

Meski demikian, klub berjuluk The White Star ini tak pernah absen untuk berprestasi. Dimana klub yang satu ini tercatat sebagai salah satu tim tersukses di Polandia.

Wisla Krakow sendiri telah menjadi juara Ekstralaksa atau kasta tertinggi kompetisi sepak bola Polandia sebanyak 14 kali. Catatan ini sendiri merupakan catatan yang mengagumkan yakni termasuk peraih juara nomor dua terbanyak di Polandia di bawah Legia Warsawa yang lebih banyak 1 kali menjadi juara atau sebanyak 15 kali juara.

Belum lagi torehan prestasi di berbagai kompetisi lainya seperti Piala Polandia, Piala Super Polandia dan Piala Liga Polandia yang telah diraih oleh Wisla Krakow.

Tak hanya juara di Liga domestik saja, namun Wisla Krakow juga pernah menjadi juara di ajang Eropa yakni pada ajang Piala Intertoto sebanyak 3 kali.

Meski sering meraih hasil juara, namun Wisla Krakow juga pernah terdegradasi ke 1 Liga atau Liga Divisi Satu Polandia atau yang merupakan kompetisi kasta kedua Polandia.

Tercatat Wisla Krakow pernah terdegradasi pada musim ini karena pada musim 2021/2022 lalu hanya finish di urutan ke 17 klasemen yakni dua posisi terbawa.

Jika Egy Maulana Vikri memang jadi bergabung dengan Wisla Krakow maka dirinya dipastikan akan bermain di kasta kedua Liga Polandia musim depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.