General

Teka Teki Sosok Pengganti Kim Jong Un?

Korea Utara dikabarkan tengah mengalami krisis kepemimpinan pasca Presiden mereka Kim Jong Un dikabarkan sakit paprah dan harus menjalani Operasi jantung. Hal ini kemudian memunculkan sebuah teka teki mengenai siapa sosok yang akan menggantikannya untuk memimpin negara tersebut?

Para analis pun mencoba menyimpulkan jika Sosok Kim Jong Un nantinya akan digantikan oleh adiknya sendiri yakni Kim Yo Jong dan juga para loyalis mereka untuk membentuk sebuah perwalian sampai nantinya seorang penerus dari Korea Utara itu cukup umur untuk bisa mengambil alih tonggak kekuasaan negara komunis tersebut.

Laporan media pun memicu banyak sekali pertanyaan mengenai siapa yang nantinya akan mengambil alih kepemimpinan Korut jika Kim meninggal dunia. Kim Jong Un sendiri memimpin Korea Utara ketika ayahnya yakni Kim Jong II meninggal pada 2011 yang lalu dikarenakan serangan jantung.

Pada setiap perubahan di pucuk pimpinan tertinggi Korea Utara telah memunculkan adanya prospek kekosongan kepemimpinan atau juga runtuhnya dinaski Kim yang sudah memerintah sejak negara tersebut berdiri yakni 1948.

Sejauh ini memang masing-masing dari ketiga KIm yang sudah memerintah negara Korea Utara telah memberikan pertentangan pada banyak pihak dan berpegang pada kekuasaan dengan cengkraman besi.

Namun, di bawah Kim Jong UN, gudang senjata nuklir dan rudal balistik yang ada di Korea Utara bisa dikatakan tumbuh dengan sangat signifikan. Hal ini sendiri menimbulkan banyak kekhawatiran mengenai siapa yang nantinya akan mengendalikan itu semua.

Berikut adalah beberapa tokoh kunci yang ada di lingkaran pemimpin Korea Utara dan peran apa saja yang mungkin akan dimainkan oleh mereka ada masa transisi nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.