Menabung
General

Tips Cara Menabung yang Baik dan Benar

Menabung adalah suatu kegiatan yang tidak mudah dan bahkan termasuk pekerjaan yang susah oleh segelintir orang. Bahkan, bisa jadi bukannya menabung justru pengeluaran kita bisa lebih besar daripada penghasilan kita dalam sebulan. Namun, tak ada kata tidak mungkin karena pasti ada cara menabung yang baik dan benar.

MenabungJika anda ingin menabung dengan baik dan benar, maka anda bisa mempraktikkan beberapa hal yang kami sampaikan di bawah ini.

Cara Menabung yang Benar

Menabung telah disadari oleh bayak orang akan memberikan kita manfaat dan merupakan suatu hal yang sangat penting. Dimana tabungan kita bisa menjadi aset kita di masa yang akan datang. Akan tetapi, praktiknya tak semua orang mampu membuat dirinya disiplin untuk selalu rajin dalam menabung untuk pemenuhan kebutuhan di masa depan.

Namun ada pula orang yak tak menabung karena boros dalam mengeluarkan uangnya. Bahkan jika pendapatan yang dihasilkannya meningkat, dirinya tetap tidak bisa menyisihkan sebagian uangnya untuk ditabung. Menabung yang benar bisa dipraktikkan dengan tips berikut ini :

1. Buat Perencanaan Menabung dengan Detail

Agar bisa membuat kegiatan menabung anda sukses, setidaknya anda bisa memulainya dengan membuat detail rencana tabungan anda dalam catatanmu, dimana kamu bisa sesekali mengeceknya kapan saja. Apa goals menabung yang ingin kamu capai misal untuk kebutuhan dana darurat.

Untuk seseorang, sebaiknya tetap memiliki dana darurat tiga kali lipat dari apa yang dikeluarkannya selama sehari. Dengan asumsi anda mengeluarkan sekitar Rp. 5 juta maka anda harus punya dana darurat sebesar Rp. 15 juta. Dimana untuk menabungnya bisa anda setorkan langsung ke rekening khusus untuk dana darurat anda.

2. 10% Pendapatanmu Harus Ditabung

Minimal angka 10% bisa anda tabungkan dari penghasilan yang kamu dapatkan dalam sebulan. Jika anda ingin lebih misalkan 20% dipersilahkan. Jika nantinya anda punya penghasilan sebesar Rp. 5 juta maka setidaknya dalam 1 bulan anda menyisihkan total Rp. 500 ribu. Dan langsung sisihkan sebesar Rp. 500.000 setelah anda gajian untuk ditabung dan jangan menunggu akhir bulan atau sisa dari belanja anda sebulan yang bukan tidak mungkin uangnya akan habis.

3. Menabung Sesuai Tanggal

Untuk anda yang tengah berjuang untuk menghemat uang anda dengan sangat banyak sekalogus maka bisa menggunakan cara berikut. Simpan uang anda berdasarkan tanggal yang berarti anda bisa memulai menabung pada tanggal 30 atau 31 setiap bulannya.

Sebagai contoh, Januari 2022 ada 31 hari, maka pada tanggal 31 anda harus menabung sebesar Rp, 31.000, Kemudian di tanggal 30 anda menabung sebesar Rp. 30.000 dan tanggal 29 anda bisa menabung sebesar Rp. 29.000 maka pada akhirnya nanti dengan estimasi 31 hari maka anda akan mengumpulkan tabungan sebesar Rp. 496.000.

Cara ini harus dilakukan dengan konsisten dan jangan sampai sehari pun terlewat karena akan menggagalkan target menabungmu dan membuat semangatmu dalam menabung jadi ambyar.

4. Punya Rekening Khusus

Salah satu cara menabung yang benar adalah memisahkan uang tabunganmu di rekening yang berbeda dengan rekening yang anda biasa gunakan untuk keperluan keuangan harianmu. Hal ini berguna untuk membuat anda terbiasa dalam memisahkan uang di tabungan dan di pengeluaran sehari-hari jadi risiko untuk uang tabungan bisa tercapai bisa lebih rendah.

5. Buat Sistem Otomatis Menabung

Hidup pada jaman konsumerisme akan membuat anda sangat sulit untuk menabung dengan hanya bermodalkan kemauan dari dalam hati saja. Apalagi jika anda adalah orang yang sangat mudah terpengaruh dengan gaya hidup di luar sana yang membuat selera belanja anda menjadi tinggi. Oleh karenanya gunakan sistem pencadangan otomatis,

Dimana pada akun payroll atau di rekening gaji anda bisa mengaktifkan otomatis debit ke rekening khusus untuk tabungan anda. Hal ini akan membuat anda bisa menabung secara otomatis dan tidak begitu terasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.